Senin, 08 Juli 2013

Artikel mengenai Bahasa di dalam Keluarga, bagian ketiga/ Articles on language in the family, part three FOR GENERAL GENERAL

Artikel mengenai Bahasa di dalam Keluarga, bagian ketiga

(Sumber: _.2013.Banyak Mulut, Satu Bahasa. Surabaya: Deteksi Madiun Jawa Pos Edisi Kamis 27 Juni 2013.)

A) Apakah kamu tahu?

          Bahasa memang penting banget, semakin pentingya, tidak hanya manusia yang butuh bahasa, hewan dan tumbuhan juga. Tapi berhubung tidak punya intelegensi yang tinggi, akhirnya mereka Cuma bisa main kode saja. Det kasih info tentang bahasa mereka.

Ø Monyet spesies Cercopithecus nictitans dari Nigeria punya dua bahasa yang jadi kode pengingat ke sesama keluarga. Pertama, kode buat mengingatkan kawannya kalau ada bahaya macan tutul. Sang induk monyet akan berteriak “Pyow” secara terus menerus. Kedua, suara batuk-batuk yang dipakai kalau ada elang di sekitar mereka.

Ø  Burung Malurus cyaneus, burung petengger dari Australia, juga punya bahasa tersendiri. Kicauan malurus memang luar biasa indah. Tapi, ternyata burung ini memiliki sebelas jenis elemen nada untuk dikicaukan. Yang special, bahkan sejak mereka masih berupa embrio di dalam cangkang telur, sang induk sudah mengajarkan sebelas elemen nada itu.

Ø Beralih dari dunia hewan. Kamu tahu tumbuhan juga bisa bicara? Meski sering diinjak-injak, sebenarnya mereka berkomunikasi antar sesama tumbuhan. Mereka membuat suara “klik” yang berasal dari akarnya sebagai tanda ada bahaya. Peneliti di University of Western Australia yang berhasil menemukan itu.

B) Kamus Berbicara Anti-Mainstream

          ACHUTA! Survey membuktikan, kebiasaan komunikasi yang baik dengan keluarga itu salah satu kunci kebahagian. Ini bisa dimulai dengan menciptakan bahasa unik di dalam keluarga kalian sendiri. Jika kalian masih bingung enaknya di rumah pakai bahasa apa agar makin akrab dengan keluarga, ini adalah beberapa opsi bahasa unik yang bisa kalian terapkan di rumah.

1) Bahasa Galactica. Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan karakter dalam film Star Wars. Selain bahasanya jarang  sekali digunakan, logat dan kata-kata yang ala makhluk alien ini bisa membuat percakapan dengan keluarga di rumah semakin seru. Kata “Achuta” yang Det ucapin di awal tadi juga merupakan salah satunya, yang artinya “Hello”.

Ø Finitez cetez detox? : Hey lagi ngapain?

Ø Wyaaaaa. Ruhr uh? : halo, apa kabar?

Ø Wyogg, ur oh: aku baik-baik saja.

Ø Wu yaga gah ahyag: tolong ambilkan minum.

Ø Whoaaaa. Waa maa. Warrgh: aku tidur dahulu ya.

Ø Mesa luv yous: aku sayang kamu

Ø Mam, waag mam ga moo: mama masakannya enak.

2) Bahasa Latin. Bahasa latin ini dari dahulu sudah terkenal sekali. Selain sejarahnya yang cukup panjang. Bahasa Latin merupakan salah satu bahasa dasar yang banyak disrap bahasa lain. bahasa ini sudah tidak dipakai lagi di jaman sekarang. Bahkan, Negara Amerika Latin sudah tidak pakai bahasa latin lagi. Bahasa ini sekarang hanya digunakan pada ilmu pengetahuan. Tapi tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Ø Salve!: selamat datang
Ø Nec as Scholam: aku tidak mau pergi ke sekolah
Ø Pulchra es mom: mama memang yang paling baik.

3) Bahasa Yunani. Untuk kalian yang suka sekali dengan film ancient seperti Hercules, Percy Jackson, dan Clash of the Titans, ini bahasa paling cocok untuk diterapkan di rumah. Selain cara pengucapan yang unik, bahasa Yunani memiliki symbol tersendiri. Symbol itu sering sekali kalian temukan di buku karangan Dan Brown atau film treasure hunter seperti Indiana Jones.

Ø Өέλω υαφάω Τα ζυμαρικά: Aku ingin makan pasta nih

Ø Αϛϕμε: ayu makan malam

Ø ΑαλώϚ ήρθαΤε σΤο σηίΤι: selamat datang di rumah


Ø Αϓαηώ Τηυ οικοϓέυειά μου: aku sayang keluargaku.