Selasa, 30 Juli 2013

Artikel mengenai membersihkan dan merawat Sepeda Motor tipe Manual/ non matic/ Article about cleaning and caring for the type Motorcycle Manual / non matic

Artikel mengenai membersihkan dan merawat Sepeda Motor tipe Manual/ non matic

(Sumber: buku pedoman milik supra x125 helm in pgm-fi.apt Astra Honda motor.)

Bersihkan sepeda motor Anda secara teratur untuk melindungi permukaan cat dan plastic, dan memerksa terhadap kerusakan, keausan dan kebocoran oli, cairan pendingin atau minyak rem. Jangan memakai produk pembersih yang tidak dirancang khusus untuk permukaan badan sepeda motor atau mobil. Produk ini mungkin mengandung deterjen atau pelarut kimia yang keras yang dapat merusak logam, cat, dan plastic pada  sepeda motor Anda. Jika sepeda motor masih panas karena baru saja dipakai, tunggulah sampai mesin dan system pembuangan gas telah menurun suhunya. Kami menganjurkan untuk tidak memakai penyemprot air bertekanan tinggi.

Perhatian:
Air (atau udara) bertekanan tinggi dapat merusak bagian tertentu dari sepeda motor.

Mencuci sepeda motor

1) Bilaslah sepeda motor secara menyeluruh dengan air dingin untuk melepaskan kotoran.
2) Bersihkan sepeda motor dengan spons atau kain lunak dengan menggunakan air dingin. Jangan megarahkan air ke lubang knalpot atau komponen kelistrikan sepeda motor.
3) Bersihkan part plastic dan lensa lampu depan dengan memakai kain atau spons yang dilembabkan dengan larutan dari deterjen lunak dan air. Gosoklah daerah yang kotor dengn lembut dengan membilasnya berulang kali dengan air bersih.
Perhatikan untuk selalu membersihkan sepeda motor dari minyak rem atau pelarut kimia karean akan merusak permukaan plastic dan permukaan cat.
Bagian dalam lensa lampu depan mungkin akan berembun segera setelah mencuci sepeda motor. Kondensasi kelembapan di dalam lensa lampu depan akan berangsur hilang apabila lampu besar dihidupkan pada sinar lampu jauh. Hidupkan mesin sebelum menyalakan lampu besar.
4) Setelah membersihkannya, bilaslah sepeda motor secara menyeluruh dengan banyak air bersih. Sisa deterjen keras yang tertinggal dapat mengakibatkan karat pada part dari logam campuran.
5) Keringkan sepeda motor, hidupkan mesin dan biarkan menyala selama beberapa menit.
6)Ujilah rem sebelum mengendarai sepeda motor. Beberapa kali pengereman mungkin diperlukan untuk mengembalikan daya pengereman normal.
7) Lumasi rantai roda segera setelah mencuci dan mengeringkan sepeda motor.
Efisiensi pengereman mungkin akan berkurang untuk sementara setelah sepeda motor dicuci. Diperkirakan bahwa jarak pengereman akan menjadi lebih panjang sehingga Anda dapat terhindar dari kecelakaan.

Pekerjaan Finishing

Setelah mencuci sepeda motor Anda, pertimbangkan pemakaian spray cleaner/ polish (bahan pembersih/ pengkilap semprotan) atau liquid/ paste wax (bahan pelindung cair/ lunak adari lilin) yang dapat dibeli di pasaran untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Pakailah polish atau wax yang tidak akan menggores yang dibuat khusus untuk sepeda motor dan mobil. Pergunakan polish atau wax sesuai dengan petunjuk pada kemasannya.

Membersihkan Garam yang menempel dari jalan

Air laut dapat menggenangi jalan d dekat pesisir laut. Garam di dalam air laut menyebabkan karat. Cucilah sepeda motor Anda sesegera mungkin setelah berkendara melalui air garam.
1) Cucilahh sepeda motor dengan air dingin. Jangan memakai air hangat. Hal ini akan memperburuk pengaruh garam.
2) Keringkan sepeda motor dan lindungilah permukaan logam dengan wax.

Perwatan Roda Aluminium yang Dicat

Aluminium dapat berkarat apabila terekna kotoran, lumpur, atau garam jalan. Bersihkan roda setelah mengendarai melalui jalan yang terdapat bahan tersebut. Pakailah spons basah dan deterjen lunak. Jangan memakkai sikat keras, sabut baja, atau bahan pembersih yang mengandung bahan penggores atau persenyawaan kimia. Setelah mencuci, bilaslah dengan banyak air dan keringkan dengan kain bersih.

Perawatan Knalpot dan Pipa Gas Buang

Pipa gas buan dan knalpot terbuat dari bahan yang dicat, jangan menggunakan pembersih dapur yang bersifat abrasive. Untuk membersihkan pipa gas buang yang dicat gunakan deterjen netral. Jika Anda tidak yakin apakah pipa gas buang dan knalpot Anda dicat, hubungi bengkel Anda.

Membersihkan Permukaan yang Dicat Watna “mat”

Dengan menggunakan banyak air, bersihkan permukaan yang dicat warna “mat” dengan kain halus atau spons. Keringkan dengan kain halus dan bersih. Gunakan deterjen netral untuk membersihkan permukaan yang dicat warna “mat”. Jangan gunakan bahan yang mengandung wax.

Membersihkan Tempat Duduk

Dikareanakan desain  lapisan bagian atasnya, permukaan tempat duduk cenderng menangkap dan menahan kotoran atau debu pada teksturnya. Dengan menggunakan banyak air, bersihkan temapt duduk dengan spons dan deterjen ringan. Setelah mencuci, keringkan dengan kain lembut, bersih.

Petunjuk Penyimpanan  Sepeda Motor

Jika sepeda motor akan disimpa untuk waktu lama, Anda perlu mengambil beberapa langkah untuk mengurangi pengaruh buruk akibat tidak dipakainya sepeda motor. Selain itu, apabila harus dilakukan beberapa perbaikan pada sepeda motor, lakukan SEBELUM menyimpan sepeda motorl jika tidak, perbaikan harus dijalan akan terlupakan waktu sepeda motor dikeluarkan dari penyimpanan.
Penyimpanan
1) Gantilah oli mesin.
2) Keluarkan bahan bakar dari tangki bahan bakar dengan pipa penyedot atau dengan cara lain yang serupa. Semprot bagian dalam tangki degnan aerosol rust-inhibiting oil (oli pencegah karat dari kaleng penyemprot). Pasang kembali tutup tangki bahan bakar.

Peringatan
Bensin sangat mudah terbakar dan dapat meledak. Anda dapat terbakar atau terluka parawah sewantu menangani bensin.
Ø  Matikan mesin dan jauhkan benda panas, percikan bunga api dan api
Ø  Selalu isi bahan bakar di tempat terbuka
Ø  Sekalah dengan segera bensin yang tertumpah

3) Untuk mencegah terjadinya karat di dalam silinder, jalankan sebagai berikut:

Ø  Lepaskan tutup busi dari busi. Degna nemnggunakan pita perekat atau kawat, temple atau ikatkan tutup busi pada part plastic menjauhi lokasi busi.
Ø  Lepaskan busi dari mesin dan leteakkan di tempat aman. Jangan menyambung busi ketutup busi.
Ø  Tuangkan sesendok makan (15-20cm3) oli mesin berish ke dalam silinder dan tutuplah lubang busi dengan sehelai kain.
Ø  Putar mesin beberapa kali untuk menyebarkan oli.
Ø  Pasang kembali busi dan tutup busi.
4) Lepaskan baterai. Simpanlah di tempat yang terlindungi dari suhu membeku dan sinar matahari langsung. Isilah baterai sekakli sebulan degnan muatan listrik dengan ampere rendah.
5) Cuci dan keringakn sepeda motor. Berikan lapisan wax ke semua permukaan yang dicat. Berikan lapisan oli pencegah karat pada semua part dari chrome.
6) Lumasi rantai roda
7) Pompalah kedua ban dengan tekanan udara ban yang dianjurkan. Letakkan sepeda motor di atas balok sehingga kedua ban terangkat dari permukaan.
8) Tutuplilah sepeda motor (jangan memakai plastic atau bahan lain yagn diberikan lapisan) dan simpan di ruangan yang tidak diberikan pemanasan, bebas dari kelembaban, dan memakai variasi suhu harian yagn sesedikit mungkin.
Jadi menyimpan sepeda motor terkena matahari langsung.

Mengeluarkan Sepeda Motor Dari Penyimpanan

1) Bukalah penutup dan bersihkan sepeda motor.
2) Gantilah oli mesin apabila sepeda motor telah disimpan lebih dari 4 bulan lamanya.
3) Isilah baterai dengan muatan listrik sesuai dengan ketentuan. Pasang baterai pada sepeda motor.
4) Keluarkan oli pencegah karat yang berlebihan dari dalam tangki bahan bakar. Isilah tangki bahan bakar dengan bensin baru.

5) Jalanakn semua prosedur “Pemeriksaan sebelum berkendara”. Ujilah pengemudian sepeda motor pada kecepatan rendah di temapt uji coba yang aman dan bebas dari lalu lintas.