Senin, 08 Juli 2013

Artikel tentang Bekas Luka (Scar) / Articles about Scar (Scar) FOR GENERAL MEDICINE

Artikel tentang Bekas Luka (Scar)

(Sumber: _.2013. Malu Bekas Tersiram Air Panas. Surabaya: FOR HER Bisnis Jawa Pos Edisi Kamis 2 Mei 2013.)

Konsultasi:

Saya mohon dihubungkan ke dokter bedah plastic. Sekitar dua bulan lalu, tangan kanan saya tersiram air panas. Sekarang kondisi tangna saya itu belang dan berkerut-kerut, walaupun sudah tidak sakit. Bisakah dioperasi plastic biar mulus seperti tangan sisi satunya? Terus terang, saya malu dengan keadaan saya.

Diana
Jawab:
            Ibu, bekas luka atau scar itu bermacam-macam. Jenis scar yang paling parah disebut keloid. Bentuk keloid itu biasanya lebih besar daripada luka awal, menonjol dengan konsistensi keras, berwarna cokelat kemerahan disertai rasa nyeri dan gatal. Jenis scar kedua adalah hypertrophic scar. Pada kondisi ini, besarnya scar tidak lebih besar dari luka awal, berwarna kemerahan, kadagn-kadang disertai nyeri dan gatal. Dua jenis scar tersebut secara umum sangat menggangu dan menimbulkan keluhan yang bersifat objektif. Scar ketiga disebut normal scar. Kondisi itu sebenarnya merupakan proses penyembuhan yang sudah berjalan sebagaimana mestinya. Terkadang, kadang-kadang ada yang bisa diterima (acceptable scar). Namun, adap ula yang tidak bisa diterima (unacceptable scar). Keduanya sangat bergantung pada ukuran, lokasi scar, serta subjektivitas individu. Ada beberapa modalitas penatalaksanaan scar. Yaitu, dengan operasi, injeksi kortikosteroid, obat topical dengan bahan dasar silicon atau laser.