Senin, 08 Juli 2013

Artikel tentang Perbedaan Ngompol (enuresis) dengan Mimpi Basah (nocturnal emission), di Ilmu Kesehatan/ Article about the difference Bedwetting (enuresis) with a Wet Dream (nocturnal emission), at the Health Sciences

Artikel tentang Perbedaan Ngompol (enuresis) dengan Mimpi Basah (nocturnal emission), di Ilmu Kesehatan

(Sumber: _.2013. Ngompol V Mimpi Basah. Surabaya: FOR HER Jawa Pos Edisi Kamis 27 Juni 2013.)

Konsultasi:

Dok, anak laki-laki saya delapan tahun pernah ngompol. Apa itu mimpi basah pertanda puber, Dok? Sebab, sejak itu suaranya lebih garang. Namun, saya pikir masih terlalu dini untuk anak seusia dia. Bila ya, apa yang harus saya lakukan?

Balinda, Jombang

Jawab:


            Puberitas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, hormonal dan pematangan fungsi seksual. Pada laki-laki, puberitas mulai terjadi pada usia 11-14 tahun yang ditandai dengan mimpi basah (nocturnal emission). Terjadi juga perubahan ukuran organ kelamin, pacu tumbuh tinggi badan (growth spur), perubahan suara, pertumbuhan rambut di bagian tubuh tertentu, dada lebih bidang, dan tumbuh jakun di leher. Disebut puberitas dini atau puberitas prekoks bila muncul lebih awal daripada usia puberitas pada umumnya. Membedakan mimpi basa dan ngompol (enuresis) bisa dilakukan dengan identifikasi cairan yang dikeluarkan (bau, jenis, warna, konsistensi) antara cairan semen yang mengandung sperma dan cairan urine (kencing). Perubahan suara menjadi lebih besar terjadi karena pertumbuhan pita suara yang mengikuti pacu tumbuh laring. Bila memang menemukan tanda puberitas dini, saya sarankan Ibu membawa putranya ke dokter spesialis anak konsultan endokrinologi untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif.