Kamis, 11 Juli 2013

Artikel tentang Sakit Pinggang (lumbago), info Kesehatan/ Articles on Back Pain (lumbago), Health information

Artikel tentang Sakit Pinggang (lumbago), info Kesehatan

(Sumber:_.Jangan Biarkan Sakit Pinggang Mengganggu Anda. Madiun: Radar Madiun Jawa Pos Edisi Rabu 10 Juli 2013.)

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit pinggang. Mengapa sakit pinggang itu dapat terjadi? Sakit pinggang disebut juga low back pain atau lumbago, adalah penyakit neurologis kedua yang paling umum menyerang manusia setelah sakit kepala. Untungnya, sebagian besar sakit pinggang sembuh hanya dalam beberapa hari. Secara umum, sakit pinggang itu terbagi dua: akut dan kronis. Sakit pinggang aut atau jangak pendek umumnya berlangsung hanya dalam beberapa hari hingga sepekan. Sedangkan sakit pinggagn kronis berlangsung lebih dari tiga bulan. Sebagian besar sakit pinggang disebbkan oleh trauma punggung bawah atau gangguan seperti sciatica dan arthritis. Trauma tersebut dapat disebabkan oleh cedera olahraga, bekerja di rumah atau dikebun, atau tersentak tiba-tiba seperti kecelakaan mobil atau tekanan pada tulang belakagn lainnya. Penyebab lain yang paling umum adalah penggunaan otot punggung dalam kegiatan yang tak biasa dilakukan, seperti mengangkat mebel atau melakukan pekerjaan berat seperti mencangkul. Gejala sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk-nusuk atau nyeri, kaku atau keterbatasan rentang gerak, atau ketidakmampuan tubuh untuk berdiri tegak, kadang-kadakng, sakit yang dirasakan di pinggang itu dapat menjalar sampai ke bagian lain tubuh.
Ada sejumlah tips yang perlu diperlukan untuk mencegah sakit pinggang:

1) selalu melakukan peregangna sebelum olahraga atau melakukan kegiatan fisik yang berat
2) Jangan membungkuk ketika berdiri atau duduk. Ketiga berdiri, jaga titik berat badan agar seimbang pada kaki. Saat bekerja, paastikan permukaan pekerjaan berada pada ketinggain yang nyaman untuk Anda. Duduklah di kursi dengan sandaran yang baik dengan posisi dan ketinggian yang tepat
3)  selingi duduk dengan berjalan-jalan atau melakukan perenggangan otot ringan. Jika Anda harus duduk untuk jangka waktu yang lama, istirahatkan kaki Anda di bangku rendah.
4) Kenakan sepatu yang nyaman dan bertumit rendah
5) Selalu tidur dipermukaan yang cukup padat dan tak terlalu empuk
6) Jangan mengangkat dengan membungkuk. Angkat objek yagn menekuk lutut dan berjongok untuk mengambil objek, jaga punggung supaya lurus. Hindari memutar tubuh saat mengangkat. Lebih baik mendorong daripada menarik.
7)  Jaga nutriasi dan diet yang tepat untuk mengurangi dan mencegah berat badan berbelbih. Perbanyak diet yang cukup kalsium, fosfor, dan vitamin D. apa contoh nutrisi itu? Ya, karena kult manggis mengandung xanthone, suatu senyawa alami yang bersifat antioksidan yang tingkat tinggi.