Senin, 15 Juli 2013

Cara Bercocok Tanam Padi Terapung/ How to Grow Rice Planting Floating

Cara Bercocok Tanam Padi Terapung

(Sumber: Hardjodinomo, Soekirno.1970. Bertanam Padi. Bandung: Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.)

Padi ini banyak ditanam di lembah sungai Cimanuk, Bengawan Solo yang dekat dengan laut (pantai) dan di Kalimantan Tenggara.
Ditanamnya pada musim hujan, jadi pada waktu banyak air, sehingga dalamnya sampai 2 m. padinya hanya kelihatan pucuknya saja, seperti terapung. Itulah sebabnya disebut padi terapung. Di Vietnam, padi ini terendam samapi 6 meter. Jenis yang dipakai di dekat Gresik (daerah Bengawan Jero) adalah empa Laut, Bronjong dan Cina.

Cara Bertanam:

a) Persemaian:
kalau air sudah susut tanah dikerjakan, dengan jalan rumputnya dibersihkan. Kalau tanahnya tidak terendam air, bibit dapat langsung disebarkan (ditanam langsung). Kalau terendam air dipakai persemaian terapung (dengan rakit). Banyak bibit sekitar 40 kg gabah.

b) Menanam:
kalau memakai persemaian, waktu menanamnya jatuh pada bulan Oktober. Kalau ditanam langsung, waktu penanaman jatuh apda bulan Agustus/ September(kalau taahnya kering). Bibit dipindahknakalu sudah cukup tinggi (kalau ditanam tidak terendam air). Tiap lubang ditanami 3-4 bibit.

c) Panen:

panen jatuh kira-kira bulan April-Mei. Pada waktu itu tanah masih terendam air. Panennya pakai rakit (perahu). Banyak hasil rata-rata 30 kwt/ ha gabah kering.