Kamis, 11 Juli 2013

Gaya atau Aliran pada Dasar Jenis Musik/ Basic style or flow in Genre ART CULTURE

Gaya atau Aliran pada Dasar Jenis Musik

(Sumber:Jarumi.2012. Seni Budaya 9. Ponorogo:AnugerahAgung.)

a) Musik Pop

music pop adalah genre penting namun batasnya sering kabur, karena banyak musisi pop dimasukkan juga ke kategori rock, hip hop, country, dan sebagainya. Music pop sepenuhnya merupakan music hiburan yang menekankan kenikmatan bagi pendengarnya. Berbagai varian music pop adalah jazz, blues, dan rap. Music pop berkembang dari music tradisional suatu Negara atau masyarakat tertentu. Music jazz, blues, dan rap berkembang dari akar music masyarakat kulit hitam Amerika. Music pop yang berirama swing dan waltz juga berkembag dari seni music yang dipakai untuk mengiringi tarian tradisional.

b) Musik Rap

          music rap mempunyai ketukan yang kuat, ritmis, dan ujaran kata sangat cepat. Liriknya sering berkisar pada hal yang membingungkan bagi orang awam dengan mengacu pada kekerasan dan seksualitas yang blak-blakan. Mula-mula music ini digemari anak muda kulit hitam di Amerika Serikat dan dianggap sebagai music anak jalanan. Akan tetapi, kini sudah meluas ke seluruh dunia dengan peningkatan kualitas liriknya.

c) Musk Rhtym and Blues (R&B)

music R&B merupakan music Afro-Amerika yang popular pada tahun 1940-an sampai 1960-an yang berubah menjadi music soul. Dinamakan “soul” karena music ini dapat menyentuh dan menggerakan hati. Pelopor music ini diantaranya Ray Charles, Fats Domino, Jackie Wilson, dan Etta James.

d) Musik Jazz

          jazz adalah musik tradisional Amerika yang berkemang bermula pada akhir pada abad XIX dan awal abad XX dalam komunitas afro Amerika di daerah Amerika Selatan. Musk ini merupakan pertemuan antara music Eropa dan music Afrika. Kata “jazz” sendiri berasal dari bahasa “slang” daerah pantai barat Amerika dan pertama kali digunakan untuk menerangkan music ini di Chicago pada tahun 1915. Semenjak berkembag pada awal abad XX, jazz telah berkembang menjadi berbagai macam genre. Dari era ragtime pada awalnya, ke era bigband dan swing pada tahun 1930 dan 1940, bebop pada pertengahan 1940-an, perkebangan kea rah latin jazz, semacam afro Cuban dan Brazilian pada 1950 dan 1960, jazz rock atau fusion dari tahun 1970 dan perkembangan terakhir seperti acid jazz, eorld music, Trip hop, cros over, dan lainnya. Jazz adalah jenis music yang tumbuh dari penggabungan: blues, ragtime, dan music Eropa, terutama music band. Beberapa sub genre jazz adalah: Dixieland, swing, bepop, hard bop, coll jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan caf jazz.

e) Musik Rock

rock dalam pengertian yang paling luas, meliputi hampir semua music pop sejak awal 1950-an. Bentuk yang paling awal, rock and roll, adalah perpaduan dari berbagai genre di akhir 1940-an, dengan musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holy, dan Elvis Presley. Hal ini kemduian didengar oleh orang di seluruh dunia, dan pada pertengahan 1960-an, beberapa grup music Inggris, misalnya The Beatles, mula menuriu dan menjadi popular. Music rock kemudian berkembagn menjadi psychedelic rock, kemudian menjadi progressive rock. Beberapa band Inggris seperti The Yardbirds dn the Who kemudian menjadi hard rock, dan kemudian menjadi heavy mental. Akhir 1970-an, music punk rock mulai berkembang, dengan kelompok seperti The Clash, The Ramones. Di tahun 1980-an, metal, black metal dan grindonce. Music rock and roll adalah music berciri lincah dan menggebu dengna lirik yang digemari kaum remaja. Iramanya dikembangkan dari nenis irama Rhythm and Blues tradisional. Bintang paling bersinar dalam jenis music ini adalah Elvis Presley (1935-1977) lagu dan gaya panggungnya pada masa itu memikat penonton, khususnya kaum wanita.

f) Musik Blues

blues berasal dari masyarkaat Afro-Amerika yagn berkembang dari music Afrika Barat. Jenis ini kemudian mempengaruhi banyak genre music pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big band, rhythm and bles, rock and roll, country, dan music pop.

g) Musik Mars


          music mars adalah jenis music untuk iringan berbaris. Jenis music yang popular di kalangan militer ini bercirikan matap dan keras seirama orang berbaris. Oleh karena itu, music ini biasanya dimainkan oleh band militer. Di kalangan masyarakat umum, jenis music ini popular dengan nama Marching Band. Pada tahun 1980-an, Marching Band Indonesia diwakili oleh PT Sampoerna pernah Berjaya dalam Festival of the Roses di Amerika Serikat.