Senin, 15 Juli 2013

Mengetahui tentang Jenis Padi Gadu/ Knowing about the type Gadu Rice

Mengetahui tentang Jenis Padi Gadu

(Sumber: Hardjodinomo, Soekirno.1970. Bertanam Padi. Bandung: Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.)

Padi yang ditanam di musim barat (hujan) disebut padi rendengan dan yang ditanam di musim kemarau disebut padi gadu. Padi gadu dapat ditanam hanya di daerah yang irigansinya baik atau dekat sumber air. Untuk daerah irigasi yagn luas yang diatur/ dibagi menurut golongan, maka menanam padi gadu ini ditentukan oleh pemerintah. Misalnya tahun sekaragn golongan A+B makatahun berikutnya golongan C+D. biasanya untuk rendengan ditanami jenis sedang, aga bisa cepat disemai. Untuk gadu jenis genjah. Jadi untuk padi rending nanti tidak terdesak waktunya.

a) Membuat persemaian

untuk daerah yagn dekat dengan tegalan dibuat persemaian untuk gadu dapat dibuat di tegalan sebagai persemaian kering. Daerah yagn tidak ada tanah tegalnya, dapat menyisihkan beberapa petak yagn cukup luas untuk persemaian gadu yagn ditanami degna njenis genjahyang segera dapat dipanen dan terus dibuat persemaian. Cara menyemaian sama dengan untuk jenis rending.

b) Mengerjakan tanah

waktu untuk mengerjakan tanah pada padi gadu sangat sempit. Ini disebabkan oleh persediaan air yang di musim kemarau terbatas. Oleh karena itu mengerjakan sawah untuk gadu  ini sangat ekstensif. Di daerah Kerawang sesudah padi rending dipanen, jerami dipotong terus dikumpulka di sisi petakan. Bila lumpurnya masih baik terus ditanami saja di antara tanaman lama. Yang lumpurnya keras dibajak atau dipacul sekali, terus diratkaan kemudian ditanami. Dengan demikian hasil padi gadu ini rendah bila dibandingka dengan padi rendengan.