Rabu, 17 Juli 2013

My family’s Experience in Bali, December,27th 2010-January 1st 2011/ Pengalaman keluarga saya di Bali, Desember 2010 27-1 Januari 2011

My family’s Experience in Bali, December,27th 2010-January 1st 2011

(Source: history from owner blogger, December,27th 2010-January 1st 2011)

December, 27th 2010, my family were holiday, because it was semester of holiday. Ecery holiday, I always helped my parent.s my family has been plan about holiday to Bali. Before that, I attention about this journey for example: camera, supply eat, etc. at 02:15 pm, we leaved home to Bali. My old brother drive car. Our car is panter, that is new car. I goes trough Madiun,. Then, we rest in bunkering, Nganjuk for eat and rest. Then, I went to Jombang. After that, we goes through Mojokerto. Then, we went to Gempol, Pronolinggo, Situbondo. In Situbondo, we could see hydro power steam Paiton. That is big building. Then, we went to Ketapang Harbor, Banyuwangi. In Ketapang Harbor, we must pay for  came accros to Bali Rp140000. After that, we must make queue. After that, we entered in ship. In Ship, my family sleep for 1 hour. Then, we arrived in Gilimanuk Harbor, Jembrana. In middle night, my family went to bunkering in Negara for rest. In bunkering in Negara, we slept for rest.
we got up, then took a bath in bunkering. After that, we search washer car. Finally, we founded it. In washing car, we must pay Rp10000. Then, for waited about this, my family breakfast in a hut, not far from washer car. My family talked with Balinese. We used Indonesian. We talked about around Bali. After washing car and breakfast, my family moved up car. My father driver car. We went to Bedugul lake. In Bedugul Lake, my family could see around natural lake. I just took photo. It so cold. We could buy souvenir, but my family not bought it, because it is very expensive. We could see Hindu’s statue. After that, my family went to Kute Beach. In Kute City, we could see foreign touris in beside road. There are many color skin or type skin, for example white skin and black skin. In Kute Beach, my family moved down, my family could see scenery beach. In here, we could see I Gusti Ngurah Rai Airport, it not far from we were standing. My mother played volley with people from Jakarta. We could see ship, foreign tourist, etc. but this beach was dirty. After that, my family back to car. My family moved up to car. Then, we went to mosque or toilet for prayed to God. On 07:00 Indonesia Middle Time (WTA), we arrived in bunkering. Wow, there were fire works in the sky, because tomorrow was new year 2011. Then, we went to hut for dinner. In hut, we ate bakso. After that, I slept car.
On January, 1st 2011, I got up, I surprise, we were in Town Square Denpasar or in front of legislative assembly of building. I not joint to celebrate new year in Bali yesterday night. I am very regretfully. But old brother could joint to celebrate new year 2011 with foreign and domestic tourist. After that, my family went to hut for breakfast. In hut, we ate noodle and rawon. After that, we went to Bali Safari and Marine Park, my family canceled entered Bali Safari and Marine Park, because it cost very expensive, example: 1 packet ticket, we must pay Rp144000. Then, my family went to Barong and Keris Dance. At 11:30 Indonesia Middle Time (WITA), we arrived in Barong and Keris Dance but, we late. Then, my family went to Oleh-oleh Bali in Gianyar for bought snack, doorframe (jenang), beer, and coffee. After that, my famlly went to Sukowati Market. In Sukowati Market, we could see painting, clothes, etc. my family bought Ti-shirt and ice cream for me and my brother. Then, my family will returned to home. My father driver car. Then, my family went to Gilimanuk Harbor. In Jembrana, my family bought fruit and snack. After that, we went to Gilimanuk Harbor. In Gilimanuk Harbor, we  waited for make queue. After 1 hour for make queue, we entered to ship. May be 07:00 Indonesia West Time (WIB), or 1 hour for waited in ship, we arrived in Ketapang Harbor, Banyuwangi. Then, we went to restaurant in Banyuwangi for dinner. In restaurant, my family eat fried rice and my mother must pay Rp155000. That was very expensive. Because, one portion fried rice was Rp75000. Then, my family returned to home.

On January, 2th 2011, my family bought pecel in Ngepos, Ponorogo and we breakfast in home. After that, I washing car.

IN INDONESIAN (with google translate English-indonesian):

Pengalaman keluarga saya di Bali, Desember 2010 27-1 Januari 2011

(Sumber: sejarah dari pemilik blogger, Desember 2010 27-1 Januari 2011)

Desember, 27th 2010, keluarga saya liburan, karena itu semester liburan. Ecery liburan, saya selalu membantu saya parent.s keluarga saya telah berencana tentang berlibur ke Bali. Sebelum itu, saya perhatian tentang perjalanan ini misalnya: kamera, pasokan makan, dll pukul 02:15, kami pulang berdaun ke Bali. Saya berusia mobil drive saudara. Mobil kami adalah panter, yaitu mobil baru. Aku pergi melalui Madiun,. Kemudian, kita beristirahat di dalam bunkering, Nganjuk untuk makan dan beristirahat. Kemudian, saya pergi ke Jombang. Setelah itu, kami berjalan melalui Mojokerto. Lalu, kami pergi ke Gempol, Pronolinggo, Situbondo. Di Situbondo, kita bisa melihat tenaga air Paiton uap. Itulah bangunan besar. Lalu, kami pergi ke Ketapang Harbor, Banyuwangi. Di Ketapang Harbor, kita harus membayar untuk datang ke Bali accros Rp140000. Setelah itu, kita harus membuat antrian. Setelah itu, kita masuk ke dalam kapal. Dalam Kapal, keluarga saya tidur selama 1 jam. Kemudian, kami tiba di Gilimanuk Harbor, Jembrana. Di tengah malam, keluarga saya pergi ke bunkering di Negara untuk beristirahat. Dalam pengisian bahan bakar di Negara, kami tidur untuk beristirahat.
kita bangun, kemudian mengambil mandi di bunkering. Setelah itu, kita mencari mesin cuci mobil. Akhirnya, kami mendirikan itu. Dalam mencuci mobil, kita harus membayar Rp10000. Kemudian, untuk menunggu sekitar ini, saya sarapan keluarga di sebuah gubuk, tidak jauh dari mesin cuci mobil. Keluarga saya berbicara dengan Bali. Kami menggunakan bahasa Indonesia. Kami berbicara tentang sekitar Bali. Setelah mencuci mobil dan sarapan, keluarga saya pindah mobil. Sopir mobil ayah. Kami pergi ke danau Bedugul. Di Danau Bedugul, keluarga saya bisa lihat di sekitar danau alam. Aku hanya mengambil foto. Begitu dingin. Kita bisa membeli souvenir, tapi keluarga saya tidak membelinya, karena sangat mahal. Kita bisa melihat patung Hindu. Setelah itu, keluarga saya pergi ke Pantai Kute. Di Kota Kute, kita bisa melihat touris asing di samping jalan. Ada banyak warna kulit atau jenis kulit, misalnya kulit putih dan kulit hitam. Di Pantai Kute, keluarga saya pindah ke bawah, keluarga saya bisa melihat pemandangan pantai. Di sini, kita bisa melihat I Gusti Ngurah Rai, tidak jauh dari kami berdiri. Ibuku bermain voli dengan orang-orang dari Jakarta. Kita bisa melihat kapal, wisatawan asing, dll tapi pantai ini adalah kotor. Setelah itu, keluarga saya kembali ke mobil. Keluarga saya pindah ke mobil. Lalu, kami pergi ke masjid atau toilet untuk berdoa kepada Tuhan. Pada 07:00 Waktu Indonesia Tengah (WTA), kami tiba di bunkering. Wow, ada api bekerja di langit, karena besok adalah tahun baru 2011. Lalu, kami pergi ke pondok untuk makan malam. Di pondok, kita makan bakso. Setelah itu, aku tidur mobil.
Pada Januari, 1st 2011, aku bangun, aku terkejut, kami berada di Town Square Denpasar atau di depan majelis legislatif bangunan. Saya tidak bersama untuk merayakan tahun baru di Bali kemarin malam. Saya sangat menyesal. Tapi kakak tua bisa bersama untuk merayakan tahun baru 2011 dengan wisatawan asing dan domestik. Setelah itu, keluarga saya pergi ke pondok untuk sarapan. Di pondok, kita makan mie dan rawon. Setelah itu, kami pergi ke Bali Safari dan Marine Park, keluarga saya batal masuk Bali Safari dan Marine Park, karena biaya sangat mahal, contoh: 1 tiket paket, kita harus membayar Rp144000. Kemudian, keluarga saya pergi ke Barong dan Keris Dance. Pada pukul 11.30 Waktu Indonesia Tengah (WITA), kami tiba di Barong dan Keris Dance, tapi kami terlambat. Kemudian, keluarga saya pergi ke Oleh-Oleh Bali di Gianyar untuk camilan dibeli, kusen pintu (jenang), bir, dan kopi. Setelah itu, saya pergi ke famlly Pasar Sukowati. Di Pasar Sukowati, kita bisa melihat lukisan, pakaian, dll keluarga saya membeli Ti-shirt dan es krim untuk saya dan saudara saya. Kemudian, keluarga saya akan kembali ke rumah. Sopir mobil ayah. Kemudian, keluarga saya pergi ke Gilimanuk Harbor. Di Jembrana, keluarga saya membeli buah dan snack. Setelah itu, kami pergi ke Gilimanuk Harbor. Di Gilimanuk Harbor, kami menunggu untuk membuat antrian. Setelah 1 jam untuk antrian make, kami masuk ke kapal. Mungkin 07:00 Indonesia Barat Waktu (WIB), atau 1 jam untuk menunggu di kapal, kami tiba di Ketapang Harbor, Banyuwangi. Lalu, kami pergi ke restoran di Banyuwangi untuk makan malam. Di restoran, keluarga saya makan nasi goreng dan ibu saya harus membayar Rp155000. Itu sangat mahal. Karena, satu nasi goreng porsi Rp75000. Kemudian, keluarga saya kembali ke rumah.
Pada Januari, 2th 2011, keluarga saya membeli pecel di Ngepos, Ponorogo dan kami sarapan di rumah. Setelah itu, saya mencuci mobil.