Rabu, 17 Juli 2013

Rangkuman mengenai Listrik/ Summary of Electricity

Rangkuman mengenai Listrik

(Sumber:_. Rangkuman Elektronika. Ponorogo: Junior High School 1 Ponorogo.)

1) Listrik adalah sumber energy atau tenaga yang membuat benda lain bekerja: bergerak; bersinar, panas dan sebagainya. Listrik membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan listrik kita dapat memperoleh: panas melalui rice cooker atau kompor listrik untuk memasak nasi, cahaya peenrang melalui lampu dan air melalui pompa air yang berputar (bergerak) menghisap air. Agar listrik dapat dimanfaatkan secara aman, dibutuhkan instalasi pengkabelan (instalasi listrik) untuk penerangna dan titik kontak. Instalasi listrik terdiri dari komponen listrik yang antara lain: dudukan lampu (lam holder atau fitting), titik kontak (stop kontak), saklar (witch), sekering (fuse), pemutus rangkaian mini (MCB), dan pengukur pemakaian daya. Ada empat hal yang perlu diketahui tentang listrik, yaitu arus listrik, tegangan listrik, hambatan listrik, dan daya energy listrik.

2) Listrik diperoleh dari sentral listrik yang dialirkan melalui suatu system jaringan listrik yang dimuali dari pembangkit listrik. Untuk menggerakkan mesin pembangkit listrik dapat digunakan tenga air, angin, uap/ gas atau bahan bakar (bensin atau solar). Listrik yang dikeluarkan oleh generator, tegangannya dinaikkan oleh transformator penaik tegangan generator dan dikirim lewat penghantar tegangan tinggi ke stasiun pembantu. Pad stasium pembantu, tegangan listrik diturnkan oleh trasformator penurun tegangna sebelum dikirim ke stasiun pembnatu distribusi. Stasiun pembantu distribusi mendistriusikan lagi ke transformator distribusi. Keluaran transformator distribusi sudah merupakan tegangan 220 V.

3) lsitrik dialirkan melalui kawat listrik yang terbuat dari bahan penghantar tembaga dan atau lamunium. Kawat listik diisolasi dengan bahan yang tidak dpaat menghantarkan listrik, seperti plastic atau karet untuk keamanan. Isolasi kawat listrik dibuat dalam beberapa warna untuk membedakan antara kawat yang satu dengan yang lain. warna hitam, merah, kuning adalah kawat arus atau fasa; warna biru adalah kawat nol dan kawat hijau atau kuning/ hijau adalah kawat pembumian (ground).

4) meter listrik dihubungakn denga kabel listrik yang msuk dari tiang ke rumah. Meter berfungsi untuk mengukur berapa banyak energy listrik yang gunakan. Dari meter listrik, aliran listrik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang berbeda. Rumah yang kecil biasanya hanya memiliki satu kelompok, sedangakan rumah yang besar biasanya memiliki beberapa kelompok. Setiap kelompok mempunyai pengaman berupa sekering.

5) Klasifikasi tegangan terdriri dari tengangan rendah dan tegangan tinggi. Tegangan 50 V ke bawah termasuk tegangan rendah dan tegangan 220 V termasuk tegangan tinggi.


6) Isolasi kawat yang rusak dapat menimbulkan bahaya berupa hubungan singkat yang menimbulkan kebakaran. Bila tersentuh maka tubuh akan terkena aliran listrik dan mengalirkannya ke bumi (ground). Sengatan listrik sangat berbahaya dan dapat membuat kejang-kejang, otot lemas, pingsan dan bahkan dapat merenggut nyawa. Isolasi kawat yang rusak atau sobek dapat terjadi pada titik kontak, peralatan listrik, dan lainnnya yang menggunakan listrik. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan listrik dan bila mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan listrik, pakailah sandal karet yang kering.