Kamis, 11 Juli 2013

Sejarah Musik di Cina Kuno (mulai tahun 2000 Sebelum Masehi)/ History of Music in Ancient China (starting in 2000 BCE) ART CULTURE

Sejarah Musik di Cina Kuno (mulai tahun 2000 Sebelum Masehi)

(Sumber:Jarumi.2012. Seni Budaya 9. Ponorogo:AnugerahAgung.)

Bangsa Cina kuno meyakini bahwa seni music merupakan seni yang paling sempurna di dunia . seni music Cina berhubungan erat dengan agama dan pemerintahan. Filsuf Cina, Konfuce, menyatakan: “Bila kamu ingin mengetahui apakah sebuah Negara mempunyai pemerintahan dan adat istiadat yang baik, lihatlah pada karya seni musiknya.” Kaisar Cung (2300 Sebelum Masehi) memerintah Quci, seorang musikus ulung pada masa pemerintahannya, “Didik anak bangsawan agar mereka menjadi adil, halus budi pekertinya, bijaksana, tanpa kecongkakan, dan tanpa menghina orang agar mereka dapat menduduki derajatnya. Ajaran itu harus ku ungkapkan dalam bentuk syair yang dapat dinyanyikan dengan lagu yang sesuai dengan arti syairnya, penuh kesederhanaan dan alamiah, karena lagu yang penuh kecongkakan, kekosongan, dan kelemahan adalah tak berguna.” Hal diatas menunjukkan betapa pentingnya pendidikan music bagi generasi muda. Seiring dengan kebiasaan bangsa Cina yang suka menjelajah ke seluruh dunia, dalam rangka menjalin hubungan dagang, diplomatic, dan kebudayaan. Seni music Cina pun berkembang dan mempengaruhi seni di berbagai wilayah di sekitarnya. Di kemudian hari, alat music tong fu, sejenis gong, ternyata juga ditemukan di Negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand an Filipina. Demikian pula alat music lainnya. Seni music Cina kuno sudah mengenal tangga nada. Tangga nada itu semula hanya terdiri dari 5 nada, tanpa nada E dan nada B. tangga nada yang lama tersebut adalah:

FGACD

Kemudian dikembangkan lagi menjadi 7 nada dengan penambahan nada E dan nada B. tangga nada ini dikenal sebagai tangga nada baru:

FGABCDE

Kalangan pelaut Cina Kuno mengenal lagu kuno “Lagu Dayung” Cina, yang dibawakan secara bersahutan antara nahkoda dan kelasi.