Kamis, 11 Juli 2013

Seni Tari Mancanegara/ Dance Abroad ART CULTURE

Seni Tari Mancanegara

(Sumber:Jarumi.2012. Seni Budaya 9. Ponorogo:AnugerahAgung.)

A) Balet

Tari balet dikembangkan pertama kali di Italia, kemudian di Peerancis dikembangakn dengan kombinasi music, nyanyian, drama, puisi tarian, dan kostum. Pada  tahun 1661, di Paris mendirikan sekolah balet yang pertama, yaitu Academie Royale de Dance. Tari balet masih sering digunakan di sepanjang abad XVIII, disamping opera atau puisi. Pada awalnya mereka melakukan dengan sepatu berhak tinggi serta rok panjang karena mempertimbangkan norma social. Akan tetapi, karena kemajuan jaman mereka menggunakan rok pendek yang kaku dan berbulu halus, yang disebut tutus. Beberapa penari balet wanita, seperti Fannya Elssler dan Marie Taglioni mengganti sandal dengan sepatu sandal. Ada tujuh gerakan dalam tarian balet yang disusun pada tahun 1796, antara lain meregang, melentur, melompat, bergerak cepat, naik, memutar dan meluncur. Pada periode tahun 1830-1870, tari balet tergolong sebagai zaman romatis, yang mengambil tema dunia nyata dan tidak nyata. Penari balet wanita kebanyakan memakai gaun berwarna putih yang melambangkan peri yang disebut tutus romantic. Apad masa revolusi Rusia, pertunjukan sendi ini dilarang, berkat Nicholas Sergeyev yang menyeludupkan dokumen koreografi dn notasi lagu tari balet ke luar Rusia dan Negara barat, banyak tari balet yagn selamat dan masih dilakukan sampai sekarang. Impresario Rusia, Serge Diaghilev adalah pengiring instrumental tari balet Eropa Barat yang mengalami evolusi sampai abad XX. Awal abad XX dengan ditandai oleh suatu eksplorasi gerak terjadi ledakan inovasi gaya tarian. Tari balet juga merambah Australia, tari balet klasik mencakup tari balet Australia, yang meliputi Australiand Dance Theater, Bangarra Dance Theater, Leigh Waren & Dancers, dan Sydney Dance Company.

Berikut toko seni tari balet yang terkendal dan berbakat

a) Penari balet dari Mancanegara

Ø Anna Pavlola

Ø Margot Fonteyn

Ø Ekaterina Makarova

Ø Gisley Kirland

Ø Silve Guiliem

Ø Darcey Bussel

Ø Alessandra Ferri

Ø Nina Ananiashvili

Ø Gillian Murphy

Ø Svetlana Zakharova

b) Perintis balet di Indonesia

Ø Nanny Anastasia Lubis

Ø Maya Tamara

Ø Tanneke Burki

Ø Farida Faisol

Ø Vicki Burki

Ø Ade Rayani

c) Penari balet di Indonesia :Adella dan Alleta, Jety Maika

2) Tari Tanggo

Tari tango merupakan tari pergaulan yang berasal dari Amerika latin. Iramanya didasarkan pada hitungan 2/4 atau 4/4, temponya sedang, gerak tarinya sanga memikat karena dilakukan dengna langkah yang menimbulkan kesan dan perasaan melayang, format ruang tarinya kompetitif. Tari tango termasuk tarian permaiann dan dapat dijadikan tari tunggal. Ada tari tango berpasangan, ada pula tari tango yang berpasangan campuran.

3) Tari Flamenco

Tari flamenco merupakan tari kaum gipsi di Andalusia, Spanyol bagian selatan. Tari ii dicipatkan pada abad XV dengan emnggunakan 3 unsur penting, yaitu el cante (lagu), el baile (tarian), dan la guitarra (permainan gitar). Ciri khas tari flamenco adalah pola ritmik dari berbagai hentakan kaki penari, yaitu hentakan ujung kaki, tumit, atau seluruh telapak. Diiringi gitar, tepuk tangan, hentakan kaki, dan seruan dari para penonton. Beberapa penari Flamenco antara lain: Antonia Merce. Ercarnacion Lopez.

4) Tari Salsa

Kata “salsa” berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, atau dalam hal ini rasa atau gaya. Jadi tari salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan music salsa. Tari salsa tidak ada peraturan yang baku, salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakni dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Umumnya setiap empat ketukan menggunakna tiga langkah, satu ketukan dilewatkan kemudian ditandai dengan gerakan tertentu, seperti tendnagna atau sentakan kaki. Music salsa menggunakan irama perkusi yang rumit dna cepat. Music ini merupakan gabungan antara music tradisional Afrika dn Kuba serta Amerika Latin. Tarian salsa sekarang dipegnaruhi tarian Kuba, seperti mambo, rumba, guaracha, cha cha,  atau mozambik.

5) Tari  Disko   

          Pada tahun 1950-an di Amerika Serikat muncul tari disko yaitu tari pergaulan. Kemudian berkembang lebih pesat di Eropa, terutama Jerman dan Perancis sekitar tahun 1970-an. Tari Disko ini menggunakan irama yang merupakan perpaduan antara irama lagu rohani Negro, rhytm, dan blues. Pada perkembangannya, di Amerika Serikat tercetus irama yang meriah dan merangsang orang untuk berdisko atau menari.

6) Tari  Wals

Tari wals berasal dari tari weller (tarian petani Jerman) dan tari leander (tarian Austria). Tari wals adalah tari yang terkenal dengan irama ¾ dengan tempo yang berbeda, di Jerman ditarikan dengan tempo agak lambat, di Wina ditarikan dengan tempo lebih cepat dan lebih bersemangat.

Dua jenis tari wals yang terkenal adalah sebagai berikut:

Ø Tari viennes, yaitu tari berpasangan di mana pasangan tersebut berputar satu arah dengan cepat

Ø Tari Boston, yaitu tari berpasangan agak lambat dan berputar ke berbagai arah

7) Tari Break Dance (Tari Patah-patah)

Tari break dance berasal dari kelompok pekerja Negro Amerika. Bentuk tariannya berupa gerakan tari patahh-patah dan bersifat akrobatik. Tarian ini lahir bersamaan dengna perkembangan music rap yang terkenal dalam komunitas kaum pekerja negro Amerika.