Minggu, 25 Agustus 2013

Artikel tentang Angin Matahari, di dalam Kelompok Karya Ilmiah Remaja/ Article about the solar wind, in the Scientific Work Group of Teens

Artikel tentang Angin Matahari, di dalam Kelompok Karya Ilmiah Remaja

(sumber/ source:_.2007. Angin Matahari. Ponorogo: Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponorogo.)

Ternyata tidak hanya di bumi saja ada angin. matahari pun punya angin karena berupa gas bermuatan listrik. Sayangnya, angin ini sangat berbahaya. Dia suka mengganggu satelit, serta atmosfer bumi. lebih bahaya lagi, sel tubuh manusia bisa berubah jika diterpa angin ini.
Matahari yang super panas
Semua pasti merasakan teriknya matahari di siang hari. Apalagi permukaan matahari sendiri. Pasti sangat panas. Matahari adalah bola gas helium dan hydrogen yang terbakar. Suhu permukaannya saja mencapai 6000 derajat celcius. Sehingga panasnya, gas itu ada yang menguap atau terlepas. Persisi seperti air ketika mendidih, ada uap air yang terlepas dari permukaa air. Bedanya, yang terlepas dari bola matahari ini adalah gas helium dan hydrogen yang bermuatan listrik. Gas bermuatan listrik ini menyebar ke seluruh penjuru tata surya dan disebut angin matahari.
Awan Salju Berekor
Jauh dari planet Pluto yang dingin, ada awan yang mengelilingi tata surya. Awan ini disebut awan Oort. Awan ini adalah awan salju. Kadang ada awan Oort terlempar dari orbitnya. Dan melayang ditarik gravitasi matahari. Ketika mendekati matahari, awan salju itu meleleh dan menjadi gas. angin matahari mendorog gas itu sampai menyerupai ekor. Jadilah komet yang ktia lihat dilangit.
Mengubah Sel Manusia
Angin matahari berbahaya buat tubuh. Jika diterpa angin listrik ini, sel tubuh manusia berubah jadi sel bermuatan listrik. Istilah tersebut ionisasi. Ini berbahaya sekali karena sel itu akan berubah bentuk atau mengalami mutasi. Akibatnya manusia bisa terkena kanker.
Pengganggu Satelit
Angin matahari juga suka mengganggu satelit di ruang angkasa. Terpaannya menyebabkan satelit berputar-putar. Lama kelamaan satelit ini keluar dari orbitnya. Para ahl satelit jadi repot mengembalikan satelit ke orbitnya semula.
Aurora yang Indah

Kita mesti  berterima kasih pada atmosfir yang melindungi bumi kita. tanpa atmosfir, bumi tidak berdaya menahan angin matahari yagn ingin masuk ke kutub magnet bumi. lapisan itu namanya ionosfir. Ionosfir menerima sengatan sinar matahari sampai jadi gas bermuatan listrik. Saat angin matahari menyerang bumi, ionosfir melempar keluar angin matahari. Tapi kadang angin matahari tidak mau kalah. Sehingga terjadi “perkelahian” antara angin matahari dan ionosfir. Pertarungan seru itu menghasilkan pemandangan yang indah. Pemandangan yang luar biasa indah itu berupa tirai cahaya kehijauan dan kemerahan. Orang menyebutnya aurora. Auroroa hanya bisa dilihat oleh orang yang tinggal di kutub utara atau selatan. Karena kutub magnet bumi terletak di kutub utara dan selatan.