Minggu, 25 Agustus 2013

Mengetahui tentang Hama pada Tanaman, di dalam Biologi/ Knowing about Pests on Plants, in the Biology

Mengetahui tentnag Hama pada Tanaman, di dalam Biologi

(sumber/ source: Ilmu Pengetahuan Alam Biologi. Sekolah Menengah Jilid 2)

Kalian sering mendengar, bahwa petani yang sering kali gagal panen  baik pada tanaman padi, palawija atau buah akibat tanamannya terjangkit hama atau penyakit. Secara umum pengertian tumbuhan dan tanmana adalah sama. Pengertian tanaman adalah tumbuhan yang ditanam yang bertujuan untuk diambil hasilnya. Sebenarnya pengertian hama dan penyakit pada tanaman berbeda. Namun demikian, baik hama dan penyakit pada tanaman dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan produksi hasil pertanian.
1) Hama. Hama adalah hewan yang merusak tanaman atau hasil tanaman karena aktivitas hidupnya, terutama aktivitas untuk memperoleh makanan. Hama tanaman memiliki kemampuan merusak yang sangat hebat. Akibatnya, tanaman dapat rusak atau bahkan tidak dapat menghasilkan sma sekali. Hama pada tanaman terdiri dari hewn mamalia, serangga, dan burung. Hama tanaman berupa hewan mamalia natara lain: tikus, babi hutan, dank era. Hama tanaman berupa burung misalnya burung gelatik dan burung pipit. Hama tanaman berupa serangga, misalnya wereng, kutu daun, walang snagit, belalang, berbagai ulat, dan berbagai kumbang . diantara hama tersebut yang paling menimbulkan kerugian besar pada tanaman adalah kelompok serangga. Untuk memberantas serangga hama, kita mengetahui siklus hidupnya. Dengna mengetahui siklus hidupnya, maka dapat ditentukan pada stadium apa serangga tersebut menyerang tanaan. Dengan demikian, ktia dapat melakukan pemberantasan yang tepat mengenai sasarannya. Misalnya, ada serangga yang menjadi hama pada stadium ulat (larva). Sebagai contoh, stadium ulat dari kupu-kupu Typoryza innotata (ulat penggerek) yang merusak tanaman padi. Tetapi ada pula serangga yang menjadi hama pada stadium dewsa. Beberapa contoh serangga yang menyebabkan hama pada beberapa tanaman yaitu wereng coklat (Nilaparvata lugens), menyerang tanaman padi, walang sangit (Leptocorisa acuta) menyerang biji padi yang masih muda, kutu daun (Aphis sp.) merusak beberapa jenis tanaman, kumbang tanduk atau wangwung (Artona cartoxantha dan Oryctes rhinoceros) menyerang tanaman kelapa dan Chilo sp. Menyerang tunas dan batang tebu.
2) Penyakit Tanaman. Penyakit tanaman adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut adalah virus, bakteri, protozoa, jamur dan caing nematode. Mikroorganisme itu dapat menyerang organ tanaman. Penyebaran penyakit pada tanaman dapat terjadi melalui angin, air atau serangga. Serangga dapat menularkan virus, bakteri, jamur dan protozoa dari satu tanaman ke tanaman lain. selin itu, factor lingkungan, misalnya kelembapan dan suhu jua mempengaruhi penyakit pada tanaman. Tanaman yang terserang suatu penyakit akan terhambat pertumbuhannya dan akhirnya dapat mati. Bebereapa contoh penyakit pada tanaman dan penyebabnya adalah sebagai berikut.
CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) pada jeruk. Penyakit inidisebabkan leh bakteri (Liberobacter asiaticum) yang merusak pempuluh tapis (floem) tanaman jerik. Tanaan jeruk yang disrang penyakit ini daunnya menjadi kecil dan berwarna kuning, serta pertumbuhan kuncupnya lambat. Pada stadium lanjut, daun gugur dan menyebabkan tanaman tidak produktif lagi dan akhirnya mati.
Penyakit Mosaik pada tembakau. Penyakit ini disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus). Virus TMV menyebabkan daun tembakau berkerut dan bercak kuning.
Penyakit rebah kecambah. Penyakit ini disebabkan oleh protista yang menyerupai jamur, yaitu Pythium debaryanum. Srangan mikroorganisme ini menyebabkan pembusukan kecambah atau bibit tanaman dan busuk akar pada tanaman budidaya. Pembusukan pada akar ini menyebabkan kecambah rebah ke tanah.
Penyakit pada tanaman kering. Salah satu peyebab penyakit pada tanaman kentang adalah Phytopthore infestans. Phtyophore infestans merupakan protista yang menyerupai jamur.
Penyakit pada tanaman padi. Salah satu penyebab penyakit pada tanaman padi adalah Pyricularia orizae. Pycularia orizae merupakan jenis jamur. Mikroorganisme ini menyerang ruas batang dan bulir padi.

Penyakit pada jagung. Ustilago yang dikenal sebagai jamur api dapat menyebabkan penyakit pada tanaman budidaya. Ustilago maydis menyebabkan penyakit pada tanaman jagung. Ustilago avenae menyebabkan penyakit pada tanaman gandum, dan Ustilago scitaminea menyebabkan penyakit pada pucuk tebu.