Selasa, 17 September 2013

Contoh Soal Bahasa Indonesia, di dalam Soal Penerimaan Siswa Sekolah Menengah Atas/ About the Indonesian example, in the Admissions Questions High School Students

Contoh Soal Bahasa Indonesia, di dalam Soal Penerimaan Siswa Sekolah Menengah Atas

(sumber/ source:_.2010. Soal Bahasa Indonesia Kode B/ Selesi Penerimaan Peserta Didik Baru- Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional/ Sekolah Menengah Atas 1 Ponorogo. Ponorogo: Sekolah Menengah Atas 1 Ponorogo.)

Paragraf berikut untuk soal nomor 31-33
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestic maupun mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp1000 saj per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar panti dan menikmati keindahan taman laut. (5) para pedagagn ikut meramaikan situasi Pantai Pangandaran.

31)   Kalimat utama paragraph tersebut terdapa nomor… (a)1, (b) 2, (c) 3, (d) 4, (e) 5
32)   Makna kata “domestic” dalam pragraf tersebut adalah… (a) asli Indonesia, (b) pribumi, (c) dalam negeri, (d) luar negeri, (e) kenegaraan.
33)   Kalimat penjelas yang “tidak” mendukung kalimat utama dalam paragraph tersebut adalah… (a) 1), (b) 2, (c), 3, (d) 4, (e) 5.
34)   Setiap aku masuk ke ruangan itu, aku merasa dibelit rantai penjara. Kebebasanku dirampas. Segala gerakanku dikomandokan dan semua gerak-gerkku diamati. Andang, pengawas merangkap wakil kepala bagian, mutlak menjadi penguasa tunggal di ruangan itu. Sudut pandang penganrang dalam penggalan novel tersebut adalah… (a) orang pertama pelaku sampingan; (b) orang kedua pelaku utama; (c) orang ketiga diluar cerita; (d) orang pertama dan ketiga; (e) orang pertama pelaku utama
35)   Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilyah yang dipimpinnnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan. Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih. Rangkuman bacaan tersebut adalah…
36)   Kamar itu, menurut penglihatan saya, sangatlah besar dan bagus, sebuah tempat tidur besi, besar dengan kasur bantal guling dan kelambu yang serba putih, beranda dan berbunga putih, berada di kamar itu juga ada lemari pakaian yang amat besar terbuat dari kayu jati. Lemari kokoh itu tepat berada di samping pintu kamar. Kutipan tersebut di atas contoh paragraph….
37)   Dalam rangka hari ulang tahun sekolah anda akan mengadakan berbagai macam kegiatan. Kegiatannya adalah lomba antar kelas, seperti kebersihan, kerapian, cerdas cermat. Dalam hal ini Andam endapat tugas membuat poster. Kalimat poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
38)   Bacalah penggalan cerpen berikut ini! Kut tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesanmu menjeratku tapi aku takkan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segara tuturmu kepadaku dan aku akan selalu menganggap bohong apapun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yagn itu.. yang dua kali kau sampaikan padaku. Kebohonganmu telah merusak cintaku. Bukti watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui….
Teks berikut untuk soal nomor 39 dan 40
Bacalah penggalan teks tajuk rencana berikut dengan seksama!
Pohon yang rindang memberi manfaat bagi kehidupan manusia, sebagai penangkal banjir karena air hujan akan terserap ke dalam tanah. Ketika tuntutan komersial menignkat, manusia tidak lagi memedulikan fungsi hutan dan melihat pohon sebagai objek yang menguntungkan. Pohon ditebang, dijadikan bahan baku kayu lapis dan bahan bangunan. Jika penebangan dilakukan dalam ukuran wajar, tidak melebihi jatah tebang dan diikuti dengan penanaman kembali secara intensif dan berkesinambungna, sebenarnya tidak masalah. Di Kalimantan Timur, tidak kurang dari 90 ribu hektar hutan musnah per tahun akibat penebangan liar dan kebakaran. Akibatnya, Samarinda, Balikpapan, Kutai Barat, Kutai Timur, Kartanegara, dan Tarakan banjir. Bumi Etam
39)   Masalah yang diungkapkan dalam tajuk rencana tersebut adalah….
40)   Kalimat opini yang terdapat dilakukan dalam tajuk tersebut adalah…
41)   Bacalah paragraph berikut dengan cermat. Saya melihat orang asyik membaca Koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiu kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman hal yang sama juga saya lihat, orang duduk bersantai sambil membaca Koran. Bahkan, ketika saya keluar ruangan dan sampai di trotoar, saya melihaat berderet anak sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca… simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah….
42)   Bacalah paragraph berikut dengan cermat! Perancis Lumpu, Kamis 29 Januari akibat pemogokan buruh di seluruh negeri. Ratusan buruh di berbagai organisasi pekerja dari yang beraliran moderat hingga yang radikal menggelar protes untuk menekan Presiden Nikolas Sarkozy dan pebisnis agar melakukan langkah yang lebih banyak untuk melindungi dunia kerja dalam situasi krisis seperti sekarang ini. Meski Perancis terhantam resesi tidak separah Negara tetangga lainnya di Eropa seperti Yunani, Spanyol dan Inggris. Akan tetapi,tingkat pengangguran di negeri ini meningkat secara konstan mencapai 2,07 juta orang per November 2008. Jumlah ini meningkat 8,5 persen dari tahun sebelumnya. Presiden Sarkozy sudah mengeluarkan paket stimulus 26 miliar Euro akhir tahun lalu. Namun kalangna buruh menilai paket itu hanya menguntungkan industrialis besar. (Warta kota, 30 Januari 2009). Pernyataan yang merupakan informasi berita tersebut adalah…..
43)   Bacalah penggalan cerpen berikut ini! Keesokan harinya, betapa terkejutnya Sabir melihat onggokan onderdil sepedanya sudah lenyap dari tempatnya. Padahal hari itu dia sudah janji dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil lainnya. Dengan langkah mantab, didekatnya teman di ruang makan “Saya tahu siapa di antara kalian yang mengambil onderdil sepeda saya, mungkin satu di antara kalian,” ucap Sabir sambil menatap Diki dan Bondan, “saya tidak mengancam, tetapi saya kira semua orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Kalau sampai besok pagi tidak kembali, tahu apa akibatnya,” Diki dan Bondan tampak pucat wajahnya. Konflik kutipan cerpen di atas adalah….
44)   Bacalah teks berikut dengan seksama! (1) Pencemaran lingkungan dapat pula disebabkan oleh pembangkit tenaga listrik yang menggunakan sumber daya energy primer fosil, seperti minyak bumi, gas, dan batu bara (2) Logam berat bisanya terlalu dalam tanah dan mencemari sumbe air. (3) adapu polutan lain, dikeluarkan melalui asap pabrik, kendaraan, pembangkit listrik diesel, atau gas (4) Jika udara sudah sangat tercemar atau melamapui mutu baku, dapat menimbulkan hujan asam. (5) Tanah sebagai tempat tinggal, pertanian, sarana rekreasi, dan lain juga sering tercemar, umumnya berpa padatan seperti plastic. Kalimat utama paragraph tersebut terdapat pada nomor….
45)   Perhatikan paragraph berikut ini! Membaca adalah cara paling tepat untuk menguasai dunia. Cara itulah yang dilakukan Jepagn sejak 30 tahun silam. Setelah gagal dalam Perang Dunia II dan porak poranda dihantam bom atom AS, Jepagn mulai membangun kembali negerinya dengan membaca. Mereka mulai memasukkan ratusan, bahkan ribuan buku dari luar Jepang, menerjemahkan dalam bahasa Jepang, lalu mulai mengajurkan masyarakatnya untuk terus dan terus membaca. Gagasan pokok paragraph tersebut adalah….
46)   Bacalah puisi berikut. Tentang pohon 3, gergaji tak pernah berjanji, kepala angin untuk mengembalikan, pohon kepada burung. (Karya Supardi Djoko Damono) tema puisi tersebut adalah…
47)   Jika frekuensi penggunaan ponsel anda tinggi, pastikan pembicaraannya sudah disiapkan. Jangan ngobrol terlalu lama karena pulsa akan terus berjalan. Perbaikan kata yagn tepat untuk mengganti kata yang tidak baku pada kalimat di atas adalah….
48)   Bacalah puisi berikut ini! Rindu membeku, …, rindu yang tak pernah usai, meski laju putaran waktu, bergulir tak kenal henti. Larik yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah….
49)   Cermati kutipan berikut! Manusia yang memiliki ilmu yagn luas akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia merasa dirinya banyak kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada dirinya. Ia pun merasa kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya dengan setangkai padi. Padi itu bila butirnya makin berisi, makin berat sehingga tangkainya tidak kuat menahan, dan akhirnya batang tangkai menjadi merunduk…. Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraph tersebut adalah….
50)   Bacalah paragraph berikut dengan cermat! Menurut Menkeu dalam pokok Kebijakan Fiskal yang disampaikan kepad Komisi IX DPR beberapa waktu lalu disebutkan bahwa pemerintah optimis volume BBM Bersubsidi masih bisa ditekan di level 32,6 juta kilo liter. Namun dalam pembahasan antara komisi VII DPR dengan menteri energy dan sumber daya mineral minggu lalu ditetapkan bahwa volume BBM akan membengkak ke level 38,8 juta kilo liter. Pembengkakakn volume konsumsi BBM bersubsidi disebabkan oleh kenaikan volume konsumsi premium dari target awal 14,4 juta kilo liter menjadi 20,4 juta kilo liter. Pernyataa yagn jawabannya terdapat dalam paragraph tersebut adalah…
51)   Bacalah puisi berikut! Ada Tilgram Tiba Senja,… ada podang pulang ke sarang, tembangya panjang berulang-ulang. Pulang ya pulang, hai petualang! Ketapang, Ketapang yang kembagn. Berumpun ke perigi tua. Anakku datang anakku pulang. Kembli kucium, kembali kuraba. Tema puisi tersebut adalah…
Bacalah paragraph deskripsi berikut dengan seksama! Udara berkabut. Dingin menusuk kulit, sunyi dan sepi sekali. Pepohonan pun terlihat tidak bergerak. Terdengar sayup-sayup dari radio nyanyian Mozar Night mengalun lambat beriba-iba….
52)   Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah….
53)   Tema yang tepat untuk wacana eksposisi adalah…
54)   Cermati deretan kalimat berikut! (1) Ketika kami turun gunung, hujan selalu bertambah lebat; (2) sungguh, pengalaman yang tak terlupakan; (3) kesempatan yagn baik itu, kami abadikan; (4) pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas; (5) maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju; (6) perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan. Deretan kalimat di atas dapat disusun menjadi laporan yagn baik dengan urutan….
55)   Tema: Belajar kelompok meningkatkan prestasi. Rumusan masalah yang seuai dengan tema tersebut adalah…
56)   Cermatilah penggalan berikut! “Hei, kau Rsus?” “Aku mengikutimu.” “aku disuruh Nyai Kertareja menaruh sesaji itu. Bukan malam nanti…” “cukup! Aku sudah tahu malam nanti harus menempuh buka kelambu,” aku memotong cepat. Habis berkata demikian, aku melangkah pergi. Tapi Srintil menarik bajuku. “Rasus hendak ke mana, kau?” “Pulagn” “jangan dulu. Jangan merajuk seperti itu. Kita bisa duduk sebentar di sini.” (Ronggeng Dukuh Paruk, A. Tohari). Nilai budaya yang terkandung dalam penggal cerita tersebut adalah….
57)   Bacalah penggalan puisi berikut ini! Denting jam tengah malam,…, tuk bersujud, keagungan Asma-Mu, Mohon Ampunan-Mu. Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi pusi tersebut adalah….
58)   Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi mengubah gaya hidup manusia. Itu bukan hal baru, yang mulai muncul di Kabupaten Ponorogo adalah hadirnya hotspot are-aarea di temapt tertentu di mana orang bisa mengakses informasi melalui computer laptop, tanpa menggunakan kabel. Seorang professional mengaku bisa membalas surat elektronik dan rekan bisnis melalui kafe yang memiliki fasilitas hotspot. Seberapa nyamankah cara berkomunikasi ini? Ikuti juga berita peristiwa hot lain yang terjadi hingga Sabtu Malam. Gagasan utama paragraph tersebut adalah…
59)   Bacalah teks podato berikut dengan seksama! Siapa yagn mensti dituntut bertanggungjawab atas tejadinya polusi ruang kalau bukan kita sendiri selaku pelakunya? Kalau kita menyadari bahwa menjaga kesehatan lebih utama daripad memulihkan kesehatan dan kalau itu ktia yakin bahwa kebersihan adalah pangkal esehatan, kita tidak perlu diperinta; marilah kita sesuatu yang terbaik bagi kesehatan kita. topic kutipan teks tersebut adalah….

60)   Kalimat ajakan dalam penggalan pidato tersebut adalah…