Selasa, 17 September 2013

Contoh soal Ilmu Pengetahuan Alam, di dalam Soal Penerimaan Siswa Sekolah Menengah Atas/ Sample exercise Natural Sciences, at the Reception Problem High School Students

Contoh soal Ilmu Pengetahuan Alam, di dalam Soal Penerimaan Siswa Sekolah Menengah Atas

(sumber/ source:_.2010. Soal Bahasa Indonesia Kode B/ Selesi Penerimaan Peserta Didik Baru- Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional/ Sekolah Menengah Atas 1 Ponorogo. Ponorogo: Sekolah Menengah Atas 1 Ponorogo.)

1)      Apabila pipa barometer diganti dengan pipa yang luas penampangnya dua kalinya, maka pada tekanan udara luar 1 atmosfer tinggi air raksa dalam pipa…
2)      Sebuah kawat panjang 100 meter dengan diameter 0,02 cm memiliki hambatan 2 ohm. Jika ada kawat lain yagn terbuat dari bahan yagn sama tetapi memiliki panjang 50 m dan diameter 0,04 cm maka hambatan kawat tersebut adalah….
3)      Bila jarak yang ditempuh mobil selama 4 sekon adalah 48 meter, maka kecepatan awal mobil adalah…
4)      Sebuah benda yang diletekkan 30 cm di depan cermin cembung berjari-jari lengkungan 60 cm membentuk bayangan yang bersifat….
5)      Dua buah gabus tersebut naik turun bersama permukaan air. Bila sebuah gabus berada di puncak bukit gelombang, yang alinnya berada di dasar gelombang, sedangkan di antara kedua gabus tersebut terdapat satu bukit dan satu lembah gelombang. Bila cepat rambat gelombang 50 cm/s, maka frekuensi gelombang air tersebut….
6)      Lima orang menarik kotak (kotak 1: lurus; kotak 2: ἀ; kotak 3:2ἀ; kotak 4: 3ἀ), kelimanya menggunakan sudut yang berbeda dalam menarik kotak masing-masing. Gaya yang diberikan kelima juga sama. Semua kotak berpindah sejauh 5 meter. Usaha terbesar….
7)      Arus yang masuk kumparan primer sebuah travo adalah 1,5 A. bila perbandingan lilitan primer dan sekundernya 10:1, maka besar arus yagn keluar dari kumparan sekunder adalah….
8)      Salah satu kelompok besaran turunan adalah…
9)      Bayangan sebuah benda terletak 6 cm di depan sebuah cermin cembung. Jarak focus cermin 4 cm, maka jarak bendanya adalah….
10)   Kalor yang mengalir persatuan waktu melalui suatu konduktor. (1) sebanding dengna selisih suhu antara kedua ujungnya; (2) berbandig terbalik dengan panjang konduktor; (3) sebanding dengan luas penampang koduktor; (4) tidak tergantug pada jenis konduktor. Pernyataan yang benar adalah…
11)   Sebua bola dijatuhkan dari ketinggian 80 cm di atas tanah tanpa kecepatan awal. Jika gesekan udara diabaikan dan percepatan gravitasi 10m/s2, maka kecepatan bola tenis pada saat mencapai ketinggian 35 m di atas tanah adalah….
12)   Sebuah bohlam 60 watt dipasang pada tegangna yang sesuai. Energy listrik yang digunakan bohlam tersebut selama 0,5 menit sebesar… joule.
13)   Sebuah thermometer dengan skala bebas 0X memiliki titik beku air pada -40 derajat Celcius dan titik didih air 160 derajat Celcius. Pada aat thermometer tersebut terbaca 15 derajat X, maka pada thermometer skala Celcius terbaca….
14)   Jika 75 gram air yang suhunya 0 derajat Celcius dicampur dengan air yang suhunya 100 derajat Celcius mendapatkan suhu campuran 40 derajat Celcius, masa air yang dicampur tersebut adalah….
15)   Karena suhu ditingkatkan dari 0 derajat Celcius menjadi 100 derajat celcius suatu batang baja yang panjangya 1 meter bertambah panjang 1 milimeter. Berapakah pertambahan panjang suatu batang baja yang panjangnya 60 cm, bila dipanaskan dari 0 derajat Celcius sampai 120 derajat Celcius?
16)   Hal berikut yang menunjukkan akibat dari gaya adhesi yang lebih besar dari pada gaya kohesi adalah….
17)   Mobil mainan yang bergerak kemudian di rem dengan gaya 500 N dan berhenti setelah menempuh jarak 2 m. bila kecepatan awal mobil tersebut 20 m/s, maka masa mobil mainan tersebut adalah….
18)   Sebuah dongkrak hidrolik masing penampangnya berdiameter 3 cm dan 120 cm. untuk mengangkat mobil yang beratnya 8000 N, gaya minimum yang dikerjakan pada penampang kecil dongkrak tersebut adalah…
19)   Ketika es melebur….
20)   Dua buah benda masing-masing bermuatan +8.10-9C dan +4.10-9C berada pada jarak 2 cm satu sama lain. jika k=9.109Nm2C-2 maka besar gaya tarik kedua benda itu adalah….
21)   Data yagn benar dari percobaan uji zat makanan sebagai berikut: zat makanan 1: reagent: beuret, dipanaskan. Perubahan warna merah bata; zat makanan 2: iodamyl, dipanaskan. Peruahan warna merah bata; zat makanan 3: reagent lugol, dipanaskan. Perubahan warna: merah batal; zat makanan 4: reagent: fehling A+B, dipanaskan, merah bata. Yang mengandung zat gula adalah nomor….
22)   Perhatikan data berikut: Pertama, timbulnya bahaya kelaparan; kedua, pendidikan semakin mudah; ketiga, lingkungan menjadi lebih tertata; keempat, kriminalitas meningkat; kelima, kesehahteraan meningakt. Jika tergept perinta tentang zero population growth berhasil dicapai, maka dampak yang akan dirasakan adalah…
23)   Anak beruang yang juga carnivore seperti orang tuanya dan juga menyusu pada induknya selama perkembangannya, saat menjelang musim dingin yang ekstrem dan harus melakukan hibernasi, sebelumnya ia akan makan apa saja termasuk ranting, daun dan kulit kayu. Ranting dan kulit kayu utamanya diperlukan untuk….
24)   Dalam pembuatan tapai  diperlukan peranan mikroba….
25)   Berikut yang merupakan fungsi enzim tripsin adalah…
26)   Urutan yang tepat untuk peredaran darah ganda pada manusia adalah….
27)   Perbedaan adaptasi morfologi antara hydrofit dan xerofit adalah….
28)   Hubungan yagn tepat antara penyebab dan penyakit yang ditimbulkan adalah… (a) penyebab: bakteri, penyakit yang ditimbulkan: TBC, radang paru-paru, tipus; (b) penyebab: fungi, penyakit yang ditimbulkan: tipus kolera, disentri; (c) penyebab: protozoa, penyakit yang ditimbulkan: influenza, malaria, pes; (d) penyebab: virus, penyakit yang ditimbulkan: TBC, disentri, demam berdarah; (e) penyebab: vermes, penyakit yang ditimbulkan: filariasis, balantidiosis, tonsillitis.
29)   Perhatikan pertanyaan berikut! 1) ikan lumba-luma secara periodic muncul ke permukaan air, 2) cumi-cumi mengeluarkan cairan seperti tinta; 3) bentuk daun teratai berbeda dengan kaktus; 4_ berbagai bentuk paruh burugn sesuai dengan jenis makanannya. Yang merupakan adaptasi fisiologis adalah….
30)   Disilangakn kacang ercis berbiji bulat warna kuning (BBKK) dengan kacang ercis berbiji kisut warna hijau (bbkk). Apabila F1 disilanakn dengan sesamanya, akan dihasilkan perbandingan fenotipe an genotype seperti pada table di bawah ini.

BK
Bk
BK
Bk
BK
BBKK(1)
BBKk(2)
BbKK(3)
BbKk(4)
BK
BBKk(5)
BBkk(6)
BbKk(7)
Bbkk(8)
Bk
BbKK(9)
BbKk(10)
BbKK(11)
bbKk(12)
Bk
BbKk(13)
BbKk(14)
bbKk(15)
Bbkk(16)
Pada table persilangan diatas yang memiliki fenotip yang sama dengan parental dominan adalah….
31)   Simbiosis antara bakteri rhizobium dengan tanaman kacangan dapat menghasilkan anfaat bagi kita diantaranya adalah….
32)   Kelopok tumbuhan tak berpembuluh antara lain….
33)   Seekor hewan memiliki ciri tubuh ditutupi oleh sisik yang tebal, bernapas dengan paru-paru, bergerak dengan kaki, suhu tubuh tidak tetap. Hewan tersebut adalah….
34)   Sifat keriting ditentukan oleh gen K dan bersifat dominan terhadap sifat rambut lurus yang ditentukan oleh gen k. berapa persenkah munculnya individu berambut keriting bila terjadi perkawinan Kk><kk?
35)   Contoh gejala akibat kekurangna Iodium pada usia dewasa adalah sebagai berikut kecuali….
36)    Perbedaan antara perkembangan vegetative dan generative adalah….
37)   Ciri berikut ini yang membedakan antara tumbuhan monokotil dan dikotil adalah….
38)   Bagaimana kedudukan otot diafragma dan tulang rusuk pada inspirasi?
39)   Hewan mamalia yang berambut, pandangan stereoskopis dan mengarah ke depan, serta ibu jari dapat berputar ke segalah arah termasuk ke dalam ordo….

40)   Pada pengamatan tumbuhan diperoleh jenis tumbuhan X dengan ciri sebagai berikut: akar serabut, tulang daun sejajar, batang tidak bercabang, barang tidak berkambium. Berdasarkan data tersebut dapat dipastikan tumbuhan tersebut adalah bukan….