Selasa, 17 September 2013

Kalor dan Kalor sebagai pengubah Wujud Zat, di dalam Fisika/ Heat and Heat as modifiers Being substances, in the Physics

Kalor dan Kalor sebagai pengubah Wujud Zat, di dalam Fisika

(sumber/ source: catatan buku Fisikia, pemilik Blog. 2010. untuk persiapan Ujian Nasional.)

I)Pengertan. Kalor (panas) adalah bentuk energy yang berpindah karena ada perbedaan suhu. Suhu adalah ukuran derajat dan kalor adalah banyak panas.
A) Kalor. Banyak kalor untuk memanaskan 1 gram air degnan suhu naik 1 derajat Celsius disebut 1 Kalori. Q=m ΔT. Keterangan:Q= banyak kalori (Joule); m= massa benda (kilogram); ΔT= perubahan suhu  (oC atau K). kalor seagai bentuk energy, 1 kalori:4,2 joule, 1 joule:0,24 kalori, 1 joule:1 newton meter. Asas Black: “Kalor yang diterima samadengan kalor yagn dilepaskan.
 1) Jika dua benda suhu berbeda bersenthuhan maka benda panas akan memberikan kalor kepada benda panas akan memberikan kalor kepada benda yang dingin sehingga 2 benda tersebut memiliki suhu yang sama tinggi.
2) Jumlah kalor yang diserap oleh benda yang dingin sama dengan jumlah kalor yang dilepaskan oleh benda yang panas.
3) Benda yang didinginkan dengan perubahan suhu ΔToC akan melepaskan kalor yang sama banyak dengan kalor yang diserapnya jika dipanasi dengan perubahan suhu ΔToC.
Kapasitas Kalor: H=Q/ Δt. Keterangan: H=kapasitas kalor (Kal/oC atau J/K); Q=kalor yang diperlukan (kalori atau Joule); ΔT=kenaikan suhu (oCelsius atau Kelvin); m=massa zat (gram atau kg); c= kalor jenis zt (kal/goC atau J/kg K)

II) Kalor sebagai pengubah wujud zat
1) Melebur dan Membeku
Melebur adalah perubahan wujud dari zat padat menjadi wujud zat cair. Membeku adalah perubhan wujud dari zat cair menjadi wujud zat padat. Suhu melebur (menyerap kalor) dan membeku (melepaskan kalor) adalah sama. Q=m.L, atau L=Q/m. keterangan: L= kalor lebur/ kalor beku (kal/g  atau kkal/ kg); Q= kalor yang diperlukan (kalori), m=massa zat (gram).
2) Menguap dan mengembun
Menguap adalah perubahan wujud dari zat cair menjadi gas (melepaskan kalor). Penguapan dapat dipercepat: memperluas bidang penguapan cairan, menaikkan suhu permukaan caira, meniupkan udara di atas permukaan cairan, mengurangi tekanan di atas permukaan cairan. Kalor uap adalah banyak kalor yang diperlukan untuk mengubah satu satuan massa zat cair pada titik didihnya supaya menjadi uap. U=Q/m, U= kalor uap zat (kkal/ kg atau kal/g); Q= kalor yang diperlukan (kalori atau kilo kalori); m= massa zat (gram atau kg). uap jenu tak mengikuti Hukum Boyle. Tekanan jenuh (tekanan maksimal0 tak tergantung pada volume. Uap tak jenuh mengikuti Boyle. P1xV2=P2Xv2.


3)Menyublim adalh perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya.