Kamis, 10 Oktober 2013

Definisi proses keperawatan/ Definition of the nursing process


Definisi proses keperawatan

(Sumber: Rosjidi, Cholik Harun.2011. Proses Keperawatan. Ponorogo: Universitas Muhammadyah Ponorogo.)

Yura Walsh (1978), proses keperawatan adalah langkah sistematis untuk menentukan dan merancanakan penyelesaian masalah klien; lalu mengimplementasikan dan mengevaluasi apakah rencana yang dibuat cukup efektif dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Langkah sistematis tersebut dibagi dalam empat tahap, meliputi: pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Wolf. Weitzel, dan Fuerst (1979), proses keperawatan adalah serangkaian perbuatan atau tindakan penetapan perencanaan, dan pelaksanaan pelayanan keperawatan untuk membantu klien dalam mencapai dan memelihara kesehatannya seoptimal mungkin.

Depkes dan JICA (1982), proses keperawatan adalah suatu proses penilaian masalah yang dinamis dalam usaha memperbaiki atau memelihara klien sampai ke taraf optimal melalui suatu pendekatan yang sistematis untuk mengenal dan membantu pemenuhan kebutuhan khusus klien.

Yura Walsh (1983), proses keperawatan adalah suatu tahapan desain tindakan untuk memenuhi tujuan keperawatan. Tahapannya meliputi desain tindakna dalam mempertahankan kesehatan klien pada keadaan optimal.

Gordon (1994), proses keperawatan adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.

Potter dan Perry (1997), proses keperawatan adalah pendekatan dalam pemecahan masalah, sehingga perawat dapat merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan. Tahapannya meliputi: pengkajian, diagnosis keperawatan, perencanaan (termasuk identifikasi hasil yang diperkirakan), implementasi, dan evaluasi.

Carpenito dan Moyet (2007), proses keperawatan adalah teknik pemecahan masalah yang meliputi: pengkajian diagnosis, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.