Kamis, 07 November 2013

Ionisasi dan Jenis Radiasi, di dalam Fisika Kesehatan/ Ionization and Radiation type, in the Health Physics


Ionisasi dan Jenis Radiasi, di dalam Fisika Kesehatan

(Sumber/ source: Hani, Ahmadi Ruslan.2007. Fisika Kesehatan.  Yogyakarta: Mitra Cendika Press.)

1)      Ionasi. Energi radiasi dapat mengeluarkan elektron dari inti atom, sisa atom ini menjadi muatan positif dan disebut ion positif. Elektron yang dikeluarkan itu dapat tinggal bebas atau mengikat atom netral lainnya dan membentuk ion negatif. Peristiwa pembentukan ion positif dan ion negatif ini dinamakan ionisasi. Ionisasi ini penting sekali diketahui oleh karena melalui proses ini jarignan tubuh akan mengalami kelainan atau kerusakan pada sel tubuh, ionisasi di udara dapat digunakan sebagai dasar sistem pengukuran dosis radiasi.
2)      Jenis radiasi. Tidak semua radiasi dapat menimbulkan radiasi. Berdasarkan ada tidaknya ionisasi, maka radiasi dibagi dalam 2 kategori, yaitu:
a)      Radiasi yang tidak menimbulkan ionisasi, jenis gelombang atau sinarnya adalah: Pertama, sinar unga ultra; kedua, sinar merah infra; ketiga, gelombang ultrasonik, jenis gelombang atau sinar ini biasanya dipakai pada bagian/ unit pusat rehabilitasi dan tidak digunakan di bagian radioterapi, kecuali gelombang ultrasonik dipakai diunit rontgen untuk tujuan diagnostik.
b)      Radiasi yang dapat menimbulkan ionisasi, jenis gelombang atau sinarnya adalah: sinar alfa, sinar beta, sinar gamma, sinar X, proton.