Kamis, 07 November 2013

Tiga Kompetensi Dasar Seorang Perawat/ Three Basic Competency A Nurse


Tiga Kompetensi Dasar Seorang Perawat

(Sumber/ source:  Rosjidi, Cholik Harun. 2011. Proses Keperawatan. Ponorogo: Penerbit Umpo Press.)

Ketiga kompetensi tersebut adalah:
1)      Kompetensi intelektual, kemampuan intelektual meliputi pengetahuan tentang proses keperawatan dan proses mental untuk memanfaatkan pengetahuan tersebut. Pengetahuan proses keperawatan luas dn kompleks sehingga eprawat tidah harus mengingat namun yang lebih penting mengetahui bagaimana mengakses informasi yang diperlukan dan sumber untuk memperoleh pengetahuan yang diperlukan. Selain pengetahuan, kemampuan berfikir merupakan aspek penting lainnya dari domain intelektual. Kemampuan berfikir kritis penting untuk mendapatkan interpretasi secara akurat data pasien.
2)      Kompetensi interpersonal, merupakan kemampuan melakukan komunikasi yang efektif dan terapeutik. Ketrampilan interpersonal diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan pasien terhadap perawat.
Kompetensi teknikal, kompetensi tidak terbatas pada kemampuan melakukan tindakan keperawatan namun lebih penting adalah ketrampilan mendapatkan data yang valid dan terpercaya, ketrampilan melakukan pengkajian fisik secara akurat. Ketrampilan mendiagnostik masalah menjadi diagnosis keperawtan, ketrampilan memilih dan menentukan intervensi yang tepat, ketrampilan