Minggu, 12 Januari 2014

Faal Reproduksi Perempuan, di dalam Fisiologi Keperawatan/ Reproductive physiology, in the Physiology of Nursing


Faal Reproduksi Perempuan, di dalam Fisiologi Keperawatan

(Sumber/ source: Purnawati, Lina Erna.2013. Power Point Faal Reproduksi Perempuan. Ponorogo.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)

A.    Alat Genitalia Wanita
1.      Ovarium
Ukuran sebesar buah almond dan terletak pada masing-masing sisi uterus dan dipertahankan oleh ligamen. Melalui ligamen ovarium mendapatkan suplai darah dan persarafan. Ovarium mengandung kantung sekretorius kecil atau folikel yang terbenam di jaringan penunjang. Masing-masing folikel mengandung ovum matang. Dikeluarkan kerongga pelvis melalui ovulasi. Menghasilkan hormon progesteron dan esterogen.

2.      Tuba uterin
Struktur muskular dengan panjang hampir mencapai 5 inci yang dilekatkan pada salah satu sisi dari korpus atas uterus. Tuba membawa ovum ke uterus melalui perpaduan gerakan peristaltik dan silia yang terdapat pada tuba (5 hari)

3.      Uterus
Uterus adalah suatu kubah yang berbentuk buah pear, organ muskular yang berukuran hampir segenggam. Uterus tertahan di tempatnya oleh ligamentum. Ligamentum latum adalah melekat pada kedua sisi uterus, pembuluh darah uterin dan persarafan melewati ligamentum ini. Ligamentum uterosakralis menghubungkan uterus ke sakrum pada kedua  sisi rektum. Ligamentum kardinale memanjang dibawah dasar ligamentum mayor dan menahan uterus sehingga tidak jatuh ke dalam vagina. Ligamentum teres memanjang dari uterus dekat tuba uterin melewati kanalis inguinalis sampai labia mayora.

4.      Lapisan uterus
Terbagi menjadi 3 bagian:
a.         perimetrium: bagian luar uterus yang ditutupi oleh jaringan ikat (pola lebar) endometrium adalah dibentuk oleh jaringan sekretorius yang mengandung pembuluh darah dan kelenjar rontok (pola sirkuler).
b.         miometrium merupakan bagian terbesar dari tiga lapisan lainnya (pola angka 8)

5.      Vagina
Vagina adalah suatu kanal muskular membranosa dengan panjang sekitar 7,62 cm yamg menghubungkan uterus dan vulva. Vagina memiliki rugae yang memungkinkan terjadinya peregangan selama koitus dan kelahiran anak. Fungsinya: menerima penis dan semen pada saat koitus (koitus adalah hubungan seksual), mengeluarkan darah menstruasi, membentuk saluran tempat terjadinya kelahiran.

B.     Organ genitalia eksterna wanita (Vulva)
Vulva yang terdiri dari:
1.      Mons pubis, merupakan kulit yang diseliputi oleh lemak membantali Os Pubikum
2.      Labia Mayora, merupakan lipatan kulit yang besar dan jaringan lemak yang memanjang ke arah belakang dan ke bwah dari mons sampai sekitar 1 inci dari rektum, rambut dan kelenjar sebasea terletak pada kulit labia.
3.      Labia Minora, terletak di antara labia mayora, tidak memiliki rambut tetapi banyak kelenjar.
4.      Klirotis, merupakan korpus panjang kecil dari jaringan erektil terletak di atas sudut anterior labia minora.
5.      Vestibula, merupakan urangan segitiga di antara labia.
6.      Duktus, dari kedua kelenjar skene’s dan bartholin’s