Sabtu, 18 Januari 2014

Gaya Hidup Sehat, Cegah Diabetes Melitus, Kesehatan/ Healthy Lifestyle, Prevent Diabetes Mellitus, Health


Gaya Hidup Sehat, Cegah Diabetes Melitus, Kesehatan
(Sumber/ source:Noname.2014.”Jalin Kerja Sama Lintas Pogram dan Sektor”. Dalam Jawa Pos,16 Januari 2014.)
 (Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)

Pengendalian diabetes Melitus (DM) harus dilakukan dari berbagai lini. Mengingat jumlah DM dari tahun ke tahun meningkat, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) berkomitmen menekan bertambahnya dengan berbagai cara, termasuk menjalin kemitraan dengan semua pemangku kepentingan.
Pendekatan yang dilakukan pemerintah secara lengkap dituangkan dalam cetak biru tersebut, mencakup program kesehatan dan pencegahan penyakit dari hulu ke hilir. Khusus untuk penyakit diabetes, Kemenkes memberikan perhatian melalui program pengendalian penyakit tidak menular. Misalnya program edukasi gaya hidup sehat no tobacco, healthy diet, and healthy activity (hidup tanpa tembakau, makan makanan sehat, dan beraktivitas sehat) yang disarankan untuk diterapkan sejak janin sampai dewasa.
Kemenkes juga memiliki langkah strategis untuk mengendalikan penyakit tidak menular di Indonesia melalui kerja sama lintas program dan lintas sekotr serta kemitraan  dengan dunia usaha. Sejak 2009, ada jejaring kemitraan yang dikembangkan Tim Jejaring Kerja Nasional Pengendalian Penyakit Tidak Menular (Tim JKN-PPTM).
            Tahun ini Kemenkes memiliki target untuk melayani penyakit tidak menular, termasuk DM hingga tingkat puskesmas. Minimal, pelayanan tersebut diharapkan ada di tiap puskesmas. Targetnya, akan ada 10 persen desa di Indonesia yang menyelenggarakan program itu.