Minggu, 26 Januari 2014

Membantu Pasien Berjalan dengan Walker, Tripod atau Quadripod, dan Stik, di dalam Keperawatan/ Helping Patients Walk with Walker, Tripod or Quadripod, and sticks, in the Nursing


Membantu Pasien Berjalan dengan Walker, Tripod atau Wuadripod, dan Stik, di dalam Keperawatan
(Sumber: Supatmi.2013. Membantu Pasien Berjalan dengan Alat Bantu Jalan. Ponorogo.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)

A.     Pengertian
Alat bantu jalan pasien adalah alat bantu jalan yang digunakan pada penderita atau pasien yang mengaami penurunan kekuatan otot dan patah tulang pada anggota gerak bawah serta gangguan keseimbangan.

B.     Jenis alat bantu jalan pasien
Masing-masing alat bantu jalan memiliki indikasi penggunaan dan cara penggunaan yag berbeda. Ada bebera faktor yang dipertimbangkan untuk menentukan pola berjalan dengan menggunakan alat bantu jalan, antara lain kemampuan pasien untuk melangkah dengan satu atau kedua tungkai, kemampuan weight bearing dan keseimbangan pasien dengan satu kaki atau kedua tungkai dan kemampuan kedua  AGA untuk mempertahankan weight bearing dan amp; keseimabgna serta kemampuan mempertahankan tubuh dalam posisi berdiri. Jenis alat bantu yang dipakai diantaranya.
1.      Kruk
2.      Kursi roda
3.      Walker
4.      Tripod atau quadripod
5.      Stick


C.     Walker
Walker adalah salah satu alatbantu berjalan yang kerangkanya terbuat dari bahan logam. Alat ini dilengkapi dua gagang yang berfungsi sebagai tempat yang penggunaannya digunakan sebagai tempat epgangan serta menggunakan empat kaki sebagai penumpunya. Salah satu jenis walker adaah standar walker. Walker jenis ini biasanya digunakan untuk orang tuay ang masih kuat mengangkat alat ini untuk berjalan, biasanya orang yang menggunakan alat ini membutuhkan bantuan dari orang lain.

D.     Tripod atau Quadripod
Tongkat kaki empat dan kaki tiga adalah alat bantu berjlaan berupa tongkat dengan kaki berjumlah empat. Tongkat bisa diatur tinggi rendahnya agar bisa digunakan oleh orang dengan segala umur. Cocok digunakan oleh lansia dan untuk rehabilitasi setelah kecelakaan atau operasi.

E.      Stik
Tongkat kaki lipat besi ringan dan kuat untuk orang tua dalah tongkat kaki yang dapat dilipat menjadi pendek sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas atau kantung plastik. Tongkat lipat terbuat dari besi baja yang kuat namun ringan. Tinggi tongkat kaki dapat disetel ketinggianya menjadi lima tingkat.