Senin, 03 Februari 2014

Catatan Klinik tentang Tulang-tulang Kaki (Tarsal) , Anatomi Fisiologis Paramedis/ Clinical Notes on Leg bones (tarsal), Physiological Anatomy Paramedic

Catatan Klinik tentang Tulang-tulang Kaki (Tarsal) , Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Fraktur pada leher femur terjadi akibat kekerasan tak langsung, seperti bila seorang melompat dan jatuh.  Fraktur ini biasa pada oang tua. Fraktur pada batangnya dapat mengakibatkan penggeseran tempat dan fragmen yang satu menutupi yang lain, disebabkan kejang otot besar dari paha.
Patela dapat patah secara spontan karena kontaksi sangat kuat dari otot paha, yang mengakibatkan fraktur transversus. Fraktur bintang terjadi kalau jatuh keras di atas lutut atau pukula keras di atas ujung lutut.
Batang tiba dan fibula dapat patah keduanya atau sendiri-sendiri. Jenis fraktur yan paling banyak terdapat di atnara fraktur fibula adalah fraktur pott, yang terjadi di atas mata kaki tepat di mana tulang masuk bagian seperti bawah batang; dpaat bersamaan dengan dislokasi (tergelincirnya) sendi mata kaki dan juga bersamaan dengan tergesernya maleolus medial tibia. Batang fibula sering menjadi “fraktura tekanan”  pada pelari jauh.
Fraktur tulang kaki sangat nyeri karena fungsi memikul berat. Salah satu dari tulang tarsal, metatarsal dan falanx dapat patah. Fraktur “March” pada sebuah metatarsal adalah sebuah “fraktur tekanan”.
Hallus valgus adalah penyimpangan ibu jari yang miring di atas jari kedua dan sering  bersamaan dengna bunion atau pembengkakan kaki.
Lengkung kaki. Telapak kaki disebabkan lengkung tulang menjadi lebih rata, ini bisa terjadi sebagai akibat luka pada kaki dan mata kaki, atau timbul karena gangguan keseimbangan yang terjadi karena sebab traumatik atau perubahan sikap tubuh seperti pada deformitas (perubahan bentuk) tulang belakang, pelvis atau anggota bawah. Sebab lain mencakup terlampau banyak jalan kaki atau berdiri pada pengantar pos, agen polisi, anggota tentara yang jalan kaki, perawat dan lainnya). Sesudah suatu penyakit atau karena sebab lain yang mengakibatkan melemahnya otot.

Depresi (lekukan) pada kepala metatarsal (lengkungan transversus) dapat menimbulkan kenyerian dari saraf jari-jari Neuroma digitalis (metatarsalgia Morton).