Senin, 03 Februari 2014

Radius, Anatomi Fisiologis Paramedis/ Radius, Physiological Anatomy Paramedic

Radius, Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Radius adalah tulang di sisi lateral lengan bawah. Merupakan tulang pipa dengan sebuah batang dan dua ujung dan lebih pendek daripada ulna.
A.     Ujung atas radius kecil dan memperlihatkan kepala berbentuk kancing dengan permukaan dangkal yang bersendi dengan kapitulum dari humerus. Sisi kepala radius bersendi dengan takik radial dari ulna. Di bawah kepala terletak leher, dan di bawah serta di sebelah medial dari leher ada tuberositas radii, yang dikaitkan pada tendon dari insersi otot biserp.
B.     Batang radius. Di sebelah atas batangnya lebih sempit dan lebih bundar daripada bawah dan melebar makin mendekati ujung bawah. Batangnya melengkung ke sebelah luar dan terbagi dalam beberapa permukaan yang seperti pada ulna memberi kaitan kepada flexor dan pronator yang letaknya dalam di sebelah anterior dan di sebelah posterior memberi kaitan pada externsor dan supinator di sebelah dalam lengan bawah dan tangan. Ligamentum interosa berjalan dari radius ke ulna dan misahkan otot belakang dari yang dpean lengan bawah.

C.     Ujung bawah agal berbentuk segiempat dan masuk dalam formasi dua bua sendi. Persedian inferior dari ujung bawah radius bersendi dengan skafoid (os navikular radii) dan tulang semiluar (lunatum) dalam formasi persendian pergelangan tangna. Permukaan persendian di sebelah medial dari ujung bawah bersendi dengan kepala dari ulna dalam formasi persendian radio-ulnar inferior. Sebelah lateral dari ujung bawah diperpanjang ke bawah menjadi prosesus stiloid radius.