Minggu, 16 Februari 2014

Ruang Anatomik, Anatomi Fisiologi Paramedis/ Anatomic space, Anatomy Physiology Paramedic

Ruang Anatomik, Anatomi Fisiologi Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
A.     Axila adalah ruang berbentuk piramid antara lengan dan dinding dada. Meidal dibatasi oleh dinding dada dan struktur yang ada di atas dinding itu, lateral dibatasi oleh humerus beserta otot yang terkait padanya, anterior oleh otot pektoralis, dan posterior oleh otot yang terkait pada tepi axiler dari skapula. Axila berisi arteri axilaris, vena axilaris, plexus brakhialis dari urat saraf dan sejumlah besar pembuluh limfe dan kelenjar yang mengaliri lengan, tangan dan dinding dada/ bagian payudara wanita yang memanjang sampai ke dalam axila dikenal sebagai ujung axilaris. Sebagian besar penyaluran limfe dari payudara adalah ke kelenjar yang berada di dalam axila. Maka pertumbuhan ganas (malignant) dalam payudara dapat tersebar ke kelanjar itu serta membesarkannya. Tiada pemeriksaan klinik dari payudara lengkap tanpa palpasi azila dengan teliti.
B.     Fonte ante-kubitil adalah ruang lekukan siku. Di atasnya dibatasi oleh garis khayal yang ditarik melintang melalui ujung bawah permukaan anterior lengan, medial oleh otot pronator teres, dan lateral oleh otot brakhio-radialis. Dasar dari ruang ini dibentuk oleh otot brakhialis. Di dalamnya terdapat arteri brakhialis dan tempat ini adalah tempat untuk mendengarkan denyut arteri ini bila mengukur tekanan darah. Terdapat juga saraf medianus, dan ruang tendon dari otot bisep.
C.     Fosa iskhio-rektalis adalah ruang antara iskhium dan rektum. Ruang itu diisi dengan jaringan ikat dan lemak. Abses iskhio-rektal dapat timbul karena infeksi yang disebarkan dari rektum seperti dalam hal hemaroid yang terkena infeksi.
D.     Segitiga scarpa atau segitiga femoralis terletak langsung di bawah ligamen inguinal (Poupart) yang membentuk dasar dari segitiga itu. Lateral dibatasi oleh otot sartorius dan medial oleh adduktor dari paha. Lantainya dibentuk oleh otot dalam paha. Di dalamnya terdapat arteri femoralis, vena femoralis, saraf femoralis, dan saluran limfe dan kelenjarnya.
E.      Saluran Hunteri adalah suatu liang yang berjalan melalui sebelah depan dan medial dari paha sampai di belakang. Dimulainya dari segitiga scarpa dan berakhir di ruang popliteal. Arteri femoralis dan vena femoralis dalam berjalan melalui saluran itu.

F.      Ruang poplitea terletak di belakang sendi lutut. Permukaan posteriornya membentuk lantai ruang itu. Ruang itu berbentuk bintang yang dibatas sebelah atas oleh otot paha medial dan lateral dan di bawah oleh kepala medial adan lateral gastrognemius. Di dalamnya terdapat arteri dan vena poplitea, saraf politea medialis dan lateralis, serta beberapa kelenjar limfe kecil.