Minggu, 16 Februari 2014

Sendi dari Tangan dan Jari, Anatomi Fisiologi Paramedis/ Joints of the hands and fingers, Anatomy Physiology Paramedic

Sendi dari Tangan dan Jari, Anatomi Fisiologi Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)

A.     Sendi Karpal. Permukaan persendian antara tulang karpal adalah ceper dan halus. Permukaan ceper ini dengan mudah saling bergeseran dan membentuk persendian meluncur antara berbagai tulang itu. Tulang karpal tersusun berdempetan rapat, sehingga hanya gerakan meluncur terbatas yang mungkin, tetapi dapat melaksanakan jumlah gerakan yang cukup banyak jika semua tulang bergerak bersama-sama.
B.     Sendi Karpo-metakarpal adalah sendi meluncur yang terbentuk antara sisi distal dari baris bawah tulang karpal dari setiap tulang dari lima tulang metakarpal. Sendi karpo-metakarpal dari ibu jari, yaitu sendi pelana, terbentuk antara basis metakarpal pertama dan trapezium (multangulummayus). Sendi intermetakarpal dibentuk antara basis tulang metakarpal; permukaan persendian lateral membentuk sendi datar atau sendi meluncur antara tulang ini.
C.     Sendi metakarpo-falangeal adalah sendi dari jenis kondiloid. Kepala dari lima tulang metakarpal ini diterima dalam permukaan eprsendian pada basis dari falanx proximal.

D.     Sendi interfalangeal adalah sendi engsel. Sendi ini terbentuk oleh kepala falanx proximal yang diterima dalam permukaan persendian di atas basis falanx. Gerakannya adalah flexi dan extensi.