Minggu, 16 Februari 2014

Sendi pada Kaki dan Jari Kaki, Anatomi Fisiologi Paramedis/ Finger joints on the legs and feet, Anatomy Physiology Paramedic

Sendi dari Kaki dan Jari Kaki, Anatomi Fisiologi Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
A.     Sendi panggul aalah sendi sinovial dari varietas sendi putar. Kepala femur diterima ke dalam asetabulum tulang koxa. Asetabulum diperdalam oleh kaitan labrum asetabular yang mengelilinginya. Ligamen ini sebenarnya sebuah pinggiran tulang rawan fibrus yang memperdalam dan menambah kemampuan menerima dari permukaan yang dibentuk oleh asetabulum guna menerima kepala dari femur. Ligamen kapsuler sendi panggul adalah tebal dan kuat dan membatasi gerakan sendi ke semua jurusan. Ligamennya juga diperkuat secara khusus oleh simpai dari serabut di dalam beberapa bagian. Salah satu terpenting dari simpai ini terletak di depan sendi ini yaitu ligamen iliofemoral. Ligamen ini membatasi extensi pada sendi, maka dengan demikian membantu mempertahankan sikap tegak tubuh kalau berdiri. Gerakan yang terjadi pada sendi panggul adalah flexi, extensi, abduksi, adduksi, rotasi medial dan lateral. Kombinasi dari semua gerakan ini disebut sirkumduksi.
B.     Sendi lutut adalah sendi engsel dengan perubahan dan yang dibentuk oleh kedua kondil femur yang bersendi dengan permukaan superior dari kondil tibia. Patela terletak di atas permukaan pateler yang halus pada femur dan di atas itu patela meluncur sewaktu sendi bergerak. Patela berada di depan bagian persendian yang utama, tetapi tidak masuk ke dalam formasi sendi lutut. Struktur interartikuler. Beberapa struktur penting berada di dalam sendi lutut. Tulang rawan semilunaris terletak di atas permukaan persendian yang berupa dataran tinggi dari tibia guna memperdalamnya untuk penerimaan kondiler dari femur. Ligamen bersilang berjalan dari puncak kodil tibial ke arah permukaan kasar di atas takik interkondiloid dari femur. Ligamen ini bertujuan membatasi gerakan sendi lutut dan mengikat tulangnya bersama dengan lebih kuat. Membran sinovial sendi lutut adalah terbesar dalam tubuh. Selain melapisi struktur sendi, membran itu juga membentang ke atas dan ke bawah sampai di bawah ligamen patela dan membentuk beberapa bursa (kantong) sekitar sendi. Tentang gerakan, flexi, extensi dan rotasi medial yang ringan.
C.     Sendi tibio fibuler. Sendi ini dibentuk antara ujung di atas dan ujung bawah ke dua tulang tungkai bawah. Batang dari tulang itu digabung oleh sebuah ligamen interosa (antar tulang), yang membentuk sebuah sendi ketiga antara tulang ini seperti pada lengan bawah.

D.     Sendi pergelangan kaki adalah sendi engsel yang dibentuk antara ujung bawah tibia beserta maleolus medialisnya dan maleolus lateralis dari fibula yang bersama membentuk sebuah lubang untuk menerima badan talus. Kapsul sendi diperkuat oleh ligamen penting yang bersangkut. Ligamen deltoid di sisi medial berjalan dari maleolus medial ke tulang tarsal yang mendampinginya dan sering mengalami robek yang parah bila pergelangan kaki terkilir. Gerakan sendi pergelangan kaki adalah flexi dan extensi atau lebih biasa disebut dorsi-flexi dan plantar-flexi.