Minggu, 16 Februari 2014

Tali Temali, di dalam Pramuka/ Rigging rope, in the Scout

Tali Temali, di dalam Pramuka
(Sumber: Noname.Buku Saku Pramuka.UD. Budi.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
            Tali atau tambang itu ada beberapa macam jenisnya, misalnya lambang Manila, sisal, ijuk dan sebagainya. Tali itu sangat berguna.
Tambang itu harus dipelihara dengan sebaik-baiknya. Pelaut, tentara bagian seni, cowboy dan orang yang bekerja dengan tambang sangat menghargai tambangnya dan memelihara sebaiknya. Pramuka pun hendaknya mempunyai juga pengertian tentang pemeliharaan dan penggunaan tali itu.
Para pramuka harus dapat memelihara tambangnya bagaikan kawan hidup yang membantu perjuangan hidup. Simpanlah tambang itu di tempat yang tertentu dan mudah diketemukan apabia perlu. Janganlah dilempar begitu saja setelah digunakan. Apabila basah keringkanlah dahulu di panas matahari sebelum disimpan.
Bawalah tali itu dengan cara yang mudah dilepaskan dari gulungannya, sehingga dapat segera digunakan bila perlu. Gulungan tambang itu bukan hiasan untuk aksi-aksian tetapi untuk digunakan.
 Semua simpul dibuat menurut kegunaannya. Simpul yang dimuat dalam buku ini bersifat internasinal, mudah dibuat tetap tahan dalam segala tekanan dan mudah dilepaskan.

Tiap tali mempunyai dua buah ujung dan bagian yang memanjang kita sebut saja badan.