Minggu, 16 Februari 2014

Target Baru 2015 tentang penerapan ICPD (International Conference on Population and Development)/ New Target in 2015 on the implementation of the ICPD

Target Baru 2015 tentang penerapan ICPD (International Converence on Population and Development)
(Source/ Sumber:  Noname.2004.Kesehatan Reproduksi.Jakarta: Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
ICPD+5 menetapkan taget baru untuk mengukur penerapan ICPD, yaitu:
1.      Akses terhadap pendidikan dasar pada tahun 2015. Meningkatkan keikutsertaan anak laki-laki dan perempuan di sekolah dasar hingga sekurang-kurangnya 90% sebelum 2010; serta menurunnya angka buta huruf pada perempua ndan anak perempuan pada tahun 1990 hingga setengahnya pada tahun 2005.
2.      Semua fasilitas kesehatan menyediakan metode KB yan aman dan efektif, pelayanan kebidanan, pencegahan dan penanganan infeksi saluran reproduksi dan infeksi menular seksual (ISR/ IMS), serta metode pelindung untuk mencegah infeksi, baik secara langsung maupun rujukan.
3.      Mengurangi kesenjangan antara pemakaian kontrasepsi dengan proporsi individu yang ingin membatasi jumlah anak atau menjarangkan kehamilan, tanpa menggunakan target atau kuota.
4.      Memastikan bahwa sekurangnya 60% persalinan ditolong oleh tenaga terlatih, terutama di negara dengan kematian ibu yang tinggi.
5.      Pelayanan pencegahan HIV untuk laki-laki dan perempuan muda usia 15-24 tahun. Termasuk penyediaan kondom laki-laki dan perempuan, pemeriksaan secara sukarela, konseling dan tindak lanjut.