Senin, 03 Februari 2014

Tulang Hasta atau Ulna, Anatomi Fisiologis Paramedis/ Hasta or ulna bone, Physiological Anatomy Paramedic

Tulang Hasta atau Ulna, Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Ulna atau tulang hasta adalah sebuah tulang pipa yang mempunyai sebuah batang dan dua ujung. Tulang itu adalah tulang sebelah medial dari lengan bawah dan lebih panjang dari radius atau tulang pengumpil. Kepala ulna ada di sebelah ujung bawah.
A.     Ujung atas Ulna, kuat dan tebal, dan masuk dalam formasi sendi siku. Proseuss olekrano menonjol ke atas di sebelah belakang dan tepat masuk ke dalam fossa olekranon dari humerus.
Prosesus koronoideus dari ulna menonjol di dpeannya lebih kecil daripada prosesus olekranon dan tepat masuk di dalam fosa koronoid dari humerus bila siku dibengkokkan.

B.     Batang ulna, makin mendekati ujung bawah makin mengecil. Memberi kaitan kepada otot yang mengendalikan gerakan dari pergelangan tangan dan jari. Otot flexor datang dari permukaan anterior dan otot extensor dari permukaan posterior. Otot yang mengadakan pronasi atau putaran ke depan dan otot yang mengadakan supinasi atau putaran ke belakang dari lengan bawah juga dikaitkan kepada batang ulna.


C.     Ujung bawah ulna kecil dibanding ujung atasnya. Dua eminens atau peninggian timbul di atasnya. Sebuah eminens kecil bundar, kepala ulna, mengadakan sendi dengan sisi medial dari ujung bawah radius dalam formasi persendian radio ulnaris inferior. Sebuah rposesus runcing, prosesus stiloideus menonjol ke bawah dari belakang ujung bawah.