Senin, 03 Februari 2014

Tulang Kaki (Tarsal), Anatomi Fisiologis Paramedis/ Leg bones (tarsal), Physiological Anatomy Paramedic

Tulang Kaki (Tarsal), Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Tulang tarsal (tulang pangkal kaki). Ada tujuh buah tulang yang secara kolektif dinamakan tarsus. Tulang itu adalah tulang pendek, terbuat dari jaringan tulang berbentuk jala dengan pembungkus jaringan kompak. Tulang ini mendukung berat badan kalau berdiri.
Kalkaneus atau tulang tumit adalah tulang terbesar dari tapak kai. Tulang itu ada di sebelah belakang dan membentuk tumit dan mengalihkan berat badan di atas tanah ke belakang. Memberi kiatan pada otot besar dari ebtis dengan perantaraan tendon Achilles atau tendon kakaneus. Di sebelah atas bersendi dengan talus dan di depan dengan kuboid.
Talus atau tulang loncak merupakan pusat dan titik tertinggi dari tapak kaki. Tulang itu mendukung tibia dan di setiap sisi berendi dengan maleolus, di bawah dengan kalkaneus.
Navikular, (tulang bentuk kapal) ada di sebelah medial kaki, antara talus di sebelah belakang dan tiga tulang kuneiform di depan.
Tiga tulang kuneiform (tulan bentuk baji), bersendi posterior dengan navikular dan anterior dengan tiga tulang metatarsal yang di medial.
Kuboid (atau tlang dadu) ada di sebelah lateral kaki. Posterior ia bersendi dengan kalkaneus dan di depan dengan kedua tulang matatarsal yang di sebelah alteral.
A.     Tulang Metatarsal. Terdapat lima tulang metatarsal, tulang ini tulang pipa dengan sebuah batang dan dua ujung. Ujung proximal atau ujung tarsal bersendi dengan tulang tarsal. Ujung distal atau falangeal bersendi dengan tulang tarsal. Ujung distal atau falangeal bersendi dengan basis falanx proximal. Metatarsal pertama adalah gemuk dan pendek; metatarsal kedua panjangnya.
B.     Falanx sama dengan jari tangan tetapi lebih pendek.
C.     Lengkung pada kaki. Pada kaki terdapat empat lengkung. Lengkung medial atau internal terbentuk dari belakang ke depan ole hkalkaneus yan merupakan pendukung posterior dari lengkung; talus menjadi puncak dari lengkung; dan kepala dari ketiga metatarsal sebelah dalam membentuk dukungan anterior dari lengkung. Lengkung lateral atau lengkung longitudinal luar dibentuk oleh kalkaneus, kuboid dan dua tulang metatarsal sebelah luar.
Lengkung melintang ada dua, yaitu lengkung tarsal emlintang dibentuk oleh tulang tarsal, dan lengkung metatarsal melintang biasanya dikenal sebagai lengkung transversus anterior, dibentuk oleh kepala tulang itu. Tulang yang pertama dan kelima merupakan sumbu pancang lengkung.
Dalam keadaan normal lengkung ini hampir menyentuh tanah kalau berdiri, tetapi bila kaki dalam istirahat maka mendapat bentuk yang lebih tegas.

Tulang lengkuk kaki disatukan oleh ligamen dan didukung oleh otot. Lengkung ini dapat bertahan karena: letak tulang yang berdempet secara serasi ligamen di kaki kuat. Kerja otot, khususnya oleh otot yang dikaitkan di dpean dan di belakang tibia.