Senin, 03 Februari 2014

Tulang Kering (Tibia), Anatomi Fisiologis Paramedis/ Dry bone (Tibia), Physiological Anatomy Paramedic

Tulang Kering (Tibia) , Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Tibia atau tulang kering merupakan kerangka yang utama dar itungkai bawah dan terletak medial dari fibula atau tulang betis, tibia adalah tulang pipa dengan sebuah batang dan dua ujung.
A.     Ujung atas, memperlihatkan adanya kondil medial dan kondil lateral. Kondil ini merupakan bagian yang paling atas dan paling pinggir dari tulang .permukaan superiornya memperlihatkan dua dataran permukaan persendian untuk femur dalam formasi sendi lutut. Permukaan tersebut halus dan di atas permukaannya yang datar terdapat tulang rawan semilunar (setengah bulan ) yang membuat permukaan persendian lebih dalam untuk penerimaan kondil femur. Kondisi lateral memperlihatkan posterior sebuah faset untuk persendian dengan kepala fibula pada sendi tibio-fibuler superior. Kondil ini disebelah belakang dipisahkan oleh lekukan politeum. Tuberkel dari tibia ada di sebelah depan di bawah kondil ini. Bagian depan memberi kaitan kepada tendon patela, yaitu tendon dari insersi otot extensor kwadrisep. Bagian bawah ini tuberkel itu adalah subkutaneus dan sewaktu berlutut menyangga berat badan.
B.     Batang. Dalam irisan melintang bentuknya segitiga. Sisi anteriornya paling menjulan dan sepertiga sebelah tengah terletak subkutan. Bagian ini membentuk krista tibia. Permukaan medial adalah subkutaneus  pada hampir seluruh panjangnya dan merupakan daerah berguna darimana dapat diambil serpihan tulang untuk transplantasi (bonegraft). Permukaan posterior ditandai oleh garis soleal atau linea poplieta, yaitu garis meninggi di atas tulang yang kuat dan yang berjalan ke bawah dan raedial.
C.     Ujung bawah masuk dalam formasi persendian mata kaki. Tulangnya sedikit melebar dan ke bawah sebelah medial menjulang menjadi maleoulus medial atau maleolus tibiae. Sebelah depan tibia halus dan tendon menjulur di atasnya ke arah kaki.

Permukaan lateral dari ujung bawah bersendi dengan fibula pada persendian tibio-fibuler inferior. Tibia membuat sendi dengan tiga tulang, yaitu femur, fibula dan talus.