Senin, 03 Februari 2014

Tulang Lengan Atas (Humerus) , Anatomi Fisiologis Paramedis/ Upper arm bone (humerus), Physiological Anatomy Paramedic

Tulang Lengan Atas (Humerus) , Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Humerus atau tulang lengan atas adalah tulang terpanjang dari anggota atas. Memperlihatkan sebuah batang dan dua ujung.
A.     Ujung atas Humerus. Sepertiga dari atas ujung humerus terdiri atas sebuah kepala, yang membuat sendi dengan rongga glenoid dari skapula dan merupakan bagian dari bangunan sendi bahu. Segera  di bawah leher ada bagian yang sedikit lebih rampng yang disebut leher anatomik. Di seblah luar ujung atas di bawah leher anatomi terdapat sebuah benjolan yaitu tuberositas mayor dan di sebelah depan ada benjolan lebih kecil yaitu tuberositas minor. Antar kedua tuberositas ini terdapat sebuah celah, celah bisipital atau sulkus intertuberkularis, yang memuat tendon dari otot bisep. Tulang menjadi lebih sempit di bawah tuberositas dan tempat ini disebut leher cirurgis sebab mudahnya kena fraktur di tempat itu.

B.     Batang hymerus sebelah atas bundar, tetapi semakin ke bawah menjadi lebih pipih. Sebuah tuberkel di sebelah lateral batang, tepat di atas pertengahan disebut tuberosistas deltoideus. Tuberositas ini menerima insersi atau kaitan otot deltoid. Sebuah celah berjalan oblik melintasi sebelah belakang batang, dari sebelah emdial ke sebelah lateral. Karena memberi jalan kepada saraf radikal atau saraf muskulo-spiralis maka celah itu disebut celah spiralis atau celah radialis.

C.     Ujung bawah humerus lebar dan agak pipih. Pada bagian paling bawah terdapat permukaan sendi yang dibentuk bersama tulagn lengan bawah.

D.     Trokhlea yang terletak di sisi sebelah dalam berbentuk gelendong benang tempat persendian dengan ulna dan di sebelah luar terdapat kapitulum yang bersendi dengan radius.

Pada kedua sisi persendian ujung bawah humerus terdapat dua epikondil yaitu epikondil lateral di sebelah luar dan epikondil medial di sebelah dalam.