Senin, 03 Februari 2014

Tulang Paha (Femur) Tulang Terpanjang pada Tubuh Manusia, Anatomi Fisiologis Paramedis/ Thigh bone (femur) Longest Bone in the Human Body, Anatomy Physiological Paramedic

Tulang Paha (Femur) Tulang Terpanjang dari Tubuh Manusia, Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Femur atau tulang paha adalah tulang terpanjang dari tubuh. Tulang itu bersendi dengan asetabulum dalam formasi persendian panggul dan dari sini ia menjulur medial ke lutut dan membuat sendi dengan tibia. Tulangnya berupa tulang pipa dan mempunyai sebuah batang dan dua ujung.
A.     Ujung atas, memperlihatkan sebuah kepala yang menduduki dua pertiga dari daerah itu; di puncak ada lekukan seperti bentuk kulit telur dengan permukaan kasar, untuk kaitan ligamentum teres. Di bawah kepala ada leher yang panjang dan gepeng. Pada dataran, di tempat leher menjadi batang, di sebelah luar, terdapat trokhanter mayor, dan di sebelah belakang dan tengah terdapat trokhanter minor. Pada dasar leher dari tulan ada dua garis yang menghubungkan trokhanter mayor dan minor, yaitu garis intertrokhanter di depan dan krista intertrokhanter di sebelah belakang. Yang terakhir ditandai oleh sebuah tuberkel dari tulan yaitu tuberkel kwadratum di pertengahan panjangnya.

B.     Batang femur berbentuk silinder, halus dan bundar di depan dan di sisinya. Melengkung ke depan dan di belakangnya ada belebas yang sangat jelas disebut linea aspera, tempat kaitan sejumlah otot, di antaranya adduktor dari paha.

C.     Ujung bawah adalah lebar dan memperlihatkan dua kondil, sebuah lekukan interkondiler, sebuah permukaan popliteum dan sebuah permukaan patelaris. Kedua kondilnya sangat jelas menonjol: yang medial lebih rendah dari yang lateral. Keduanya masuk dalam formasi persendian lutut.

D.     Lekuk interkondiler memisahkan kondil itu di sebelah belakang. Permukaan dari lekuk ini memberi kaitan kepadaa persilangan ligamen sendi lutut. Di sebelah depan kondil di pisahkan oleh permukaan patelaris yang terbentang anterior antara kedua kondil itu dan di atas permukaan ini terletak patela. Permukaan tibial dari kondil femur ada di bawahnya dan duduk di atas permukaan sebelah atas dari kondil tibia. Permukaan ini terbagi dalam dua daerah oleh lekukan dalam, fossa interkondiler. Permukaan itu berbentuk belah ketupat dan di atasnya berjalan pembuluh popliteum. Permukaan itu adalah dasar dari ruang popliteum.

Femur mengadakan persendian dengan tiga tulang, tulang koxa, tulang tibia dan patela, tetapi tidak bersendi dengan fibula.