Senin, 03 Februari 2014

Tulang Pergelangan Tangan dan Tangan, Anatomi Fisiologis Paramedis/ Wrist and Hand Bones, Physiological Anatomy Paramedic

Tulang Pergelangan Tangan dan Tangan, Anatomi Fisiologis Paramedis
(Sumber/ Source: Pearce, Evelyn C.2008.Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.)
(Rewritten by Dimas Erda Widyamarta: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Tulang tangan disusun dalam beberapa kelompok. Karpus (tulang pangkal tangan) atau tulang yang masuk formasi pergelangan adalah tulang pendek. Metakarpal membentuk kerangka tapak tangan dan berbentuk tulang pipa. Falanx adalah tulang jari dan berbentuk tulang pipa.
A.     Karpus, terdiri atas delapan tulang tersusun dalam dua barus, empat tulang dalam setiap baris. Baris atas tersusn dari luar kedalam adalah berikut: navikular (skafoid), lunatum (semilunar), trikwetrum dan pisiform. Baris bawah adalah trapezium (multangulum mayus), trapezoid (multangulum minus), kapitatum, hamatum.
1.      Navikulare (skafoid) adalah tulang berbentuk perahu; lunatum (semilunare) adalah berbentuk seperti bulan sabit dan dua tulang itu bersendi di atas dengan ujung bawah radius dalam formasi pergelangna dan di bawah sendi dengan beberapa dari tulang karpal dari barisan kedua
Supaya memudahkan menghafal!!!!
Kapal di cahaya bulan nan terang berputar dari segitiga bermuda hingga Pulau Kacang pulau besar segi banyak, pulau kecil segitiga banyak  di kepala seharusnya kaitnya letak.
Proximal
a.       Tulang bentuk kapal –ps navikulare
b.      Tulan bulan- os lunatum
c.       Tulang segitiga- os triquetrum
d.      Tulang kacang- os pisiformis
Distal:
a.       Tulang besar segitiga banyak-os multangulum mayus
b.      Tuang kecil segitiga banyak-os trikwetrum
c.       Tulang berkepala- os kapitatum
d.      Tulang berkait- os hamat

B.     Metakarpus. Terdapat lima metakarpal. Setiap tulang mempunyai batang dan dua ujung. Ujung yang bersendi dengan tulang kapal disebut ujung karpal dan sendi yang dibentuknya adalah sendi karpo metakarpal. Ujung distal bersendi dengan falanx dan disebut kepala. Batang dari tulang ini adalah prismoidal (seperti prisma) dan permukaannya yang terbesar menghadap posterior (ke arah belakang tangan). Otot interosa dikaitkan pada sisi batang.


C.     Falanx juga tulang panjang, mempunyai batang dan dua ujung. Batangnya mengecil di arah ujung distal. Terdapat empat belas falanx, tiga pada setiap jari dan dua pada ibu jari.