Selasa, 11 Maret 2014

Bersih Desa, di Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur/ Clean village, in the village of Nglewan, District Sambit, Ponorogo, East Java

Bersih Desa, di Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
(Sumber/ source: Noname.2012.”Lakonn Pandowo Kumpul sebagai Pencerminan Masyarakat Nglewan”. Dalam Tabloid Benar Edisi X, 2012.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, www.ithinkeducation.blogspot.com)
Budaya Bersih Desa merupakn budaya adat yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas segala karunia yang telah diberikan Nya, selain itu dari kegiatan tersebut di harapkan supaya Desa tetap dalam situasi aman dan tentram.
            Seperti halnya kegiatan Bersih Desa yang di adakan di Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, seluruh warga tampak antusias mengikuti rangkaian acara mulai dari Istigosah dan tahlil yang di selenggarakan di setiap masjid dan mushola. Hal tersebut bertujuan untuk mendoakan arwah para leluhur.
            Tak hanya ritual saja, tapi dalam rangkaian kegiatan Bersih Desa Nglewan pada kamis, (27 September) lalu, juga diadakan oertunjukan kesenian tradisional berupa Reog daN Gajah-gajahan tak hanya itu, pada puncak kegiatan tersebut juga di adakan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki Sumanto dengan mengambil lakon “Pandowo Kumpul”. Tampak sangat antusias sekali masyarakat Nglewan menyaksikan pagelaran tersebut, terbukti mereka berbondong ke halaman balai desa serta mengikuti alur cerita yang di paparkan sang Dalang dalam lakon tersebut.
Kepala Desa Nglewan, Suwandi saat dikonfirmasi menjelaskan  bahwa acara tersebut diikuti oleh hampir seluruh warga Nglewan. “Acara ini diikuti seluruh warga Nglewan yang terdiri dari tiga dusun yaitu Dusun Mbayong, Dusun Ngepen, dan Dusun Depok,” terangya.
            Lebih lanjut Kades berharap dari kegiatan tersebut seluruh warga Nglewan supaya dapat hidup rukun, berkumpul, bersatu padu sesuai lakon yang di gelar pada malam tersebut. tak hanya itu, dirinya selaku Kepala Desa juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik perangkat, tokoh, pemuda dan masyarakat, yang telah membantu suksesnya rangkaian acara tersebut.

            Turut hadir dalam acara Bersih Desa Nglewan, Drs. Suprianto, seluruh Kepala Desa Seluruh Kecamatan Sambit, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemudan dan warga Nglewan.