Selasa, 11 Maret 2014

Gaya Rambut Faux Hawk Undercut/ Faux Hawk Hair Style Undercut

Gaya Rambut Faux Hawk Undercut
 (Sumber/ source:Gusnaldi.2014.”Rapi, Maskulin, sekaligus Fresh”. Dalam Jawa Pos, tanggal 8 Februari 2014.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, www.ithinkeducation.blogspot.com)

Kata Mereka (Rambut tipis di Samping atau Faux Hawk Undercut)
A).  Ammy Tawaqal (Marketing Communication): “Dari SMA, rambut saya belah pinggir seperti ini. Meliha model rambut yang lagi tren sekarang yang sangat tipis di samping. Sepertinya kurang pas buat saya. Jadi, setia model lama saja.”
B).  Millane Fernandez (penyanyi): “Keren dan sporty. Bikin terlihat mudah. Apalagi menjelang Piala Dunia, sepertinya bakal makin banyak cowok yang potongan rambut model seperti itu. Selama cocok, oke saja.”
C).  Rory Asyari (News Anchor): “Saya biasanya ganti model rambut beberapa tahun sekali. Tidak semua model baru cocok dengan kepribadian atau profesi saya. Jadi, nggak selalu mengikuti tren. Yang tipis banget di samping itu bagus aja sih, tapi nggak cocok sama kerjaan saya yang formal.”

Gaya rambut faux hawk undercut yang cepak dan rapi dengan sisi kanan-iri dibuat lebih tipis sedang diminati banyak pria. Cristano Ronaldo Al Ghazali Kohler, sampai Brad Pitt turut memangkas rambutnya dengan model ini.
Model rambut seperti itu mulai populer sejak akhir 2013. Kalau sebelumnya gaya mohawk atau spike yang lebih sering dijadikan andalan, sekarang eranya rambut dengan styling lebih rapi. Rambut cepak dengan bagian atas tidak terlalu bervolume serta sisi samping kanan dan kiri ditipiskan. Ada yang menyebbutnya gaya faux hawk undercut. Sebagian lagi mengatakan model rambutnya terinspirasi army look dalam versi lebih modern.
            Kesan macho sekaligus rapi didapatkan dari model rambut yang tidak ribet tersebut. “Tak hanya itu, pria terlihat lebih fresh dan high class,” kata Gusnaldi, salah seorang praktisi tata rambut kenamaan.
            Kelebihannya, tambah Gusnaldi, model rambut itu pas diaplikasikan oleh siapa saja dengan latar belakang profesi apapun. Baik kalangan profesional maupun pekerja kreatif. Tak heran, banyak aktor, selebriti, dan olahragawan yang menerapkan model rambut tersebut.
            Sederet sosok populer bergaya rambut faux hawk undercut, antara lain, Al Ghazali Kohler. Putra sulung musisi Ahmad Dhani yang mulai menjadi pujaan kaum hawa itu terlihat makin bersinar dengan potongan tersebut.
            Kesan maskulin tampak dalam diri lelaki 16 tahun itu. Pesona AL tidak hanya merebut hati para perempuan, tetapi juga pria yang tertarik untuk mengubah gaya rambutnya menyerupai Al.
            Bintang klub sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga memangkas rambutnya dengan model faux hawk undercut. Sebelumnya, ayah  seorang putra itu bergaya mohawk, namun beberapa bulann terakhir, tampilannya lebih rapi dan stylish dengan rambut cepak rapi. Model rambutnya banyak dijadikan acuan.
            Shadu Sha, basis Shadu Band yang merupakan putra pianis jazz Idang Rasjidi, termasuk yang nyaman dengan potongan rambut ala CR7, julukan Cristiano Ronaldo. “Model rambut itu sebenarnya sudah sekitar lima tahun saya pakai. Kebetulan cocok dan saya termasuk jarang banget ganti model rambut. Banyak yang bilang mirip CR7,” ujarnya, lantas tertawa.
            Dengan potongan cepak seperti itu, Shadu mengaku perawatannya lebih praktis dan tidak ribet. Rambut cukup dirapikan sekitar satu atau dua bulan ketika sudah agak panjang dan bentuknya mulai tidak beraturan.” Kalau sampingnya mulai panjang, ditipiskan lagi. Bagian atasnya jgua,” ucap pria 24 tahun itu.

            Bintang lainyang terlihat dengan potongan tersebut adalah aktor Brad Pitt dan rapper serta pemain Running Man Gary Leesang. Pesinetron Adly Fairuz juga bergaya faux hawk undercut. Mantan kekasih Shireen Sungkar itu malah mencukur bagian samping rambutnya membentuk lining. Kalangan kreatif mungkin bisa menerapkan kreasi rambut seperti Adly. Tetapi, untuk kalangan profesional, pilihan lebih :aman” cukup yang rapi dengan tetap menyisakan rambut di sisi kiri dan kanan.