Minggu, 09 Maret 2014

Jelajahi California, Arizona dan Nevada, Amerika Serikat/ Explore California, Arizona and Nevada, USA

Jelajahi California, Arizona dan Nevada, Amerika Serikat
(Sumber: Marzudinta, Anda. Beky Subechi.2013.”Sisi Lain Amerika”. Dalam Jawa Pos, tanggal 3 Desember 2013.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, www.ithinkeducation.blogspot.com)
      Sisi barat Amerika Serikat (AS) begitu memikat. Wisata dalam bulan November dengan suhu 12-20 derajat Celsius itu terasa sejuk. Ada tiga negara bagian yang dijelajahi, California, Arizona, dan Nevada.
Pertama, Los Angeles yang merupakan bagian dari California hadir dengan segala fasilitasnya. Negara permainan Disneylan Anaheim memuaskan fantasi masa kecil yang tertunda. Beraneka pertunjukan yang sebagian besar dinikmati menggunakan kereta tak terasa membosankan. Parade Mickey Mouse dan kawannya dengan tema menyambut Natal layak ditunggu dan ditonton. Ada lima wilayah yang wajib dikunjungi. Yakni, Adventurelan, Tomorrowland, Frontierland, Fantasyland, dan Mickey’s Toontown. Rasanya penjelajahan itu kurang tuntas meski sudah berkeliling hingga pukul 22.00 Jumat (15 November) waktu setempat. Berada di Ls Angles, tidak lengkap bila belum melakukan city tour. Rodeo Drive dengan butiknya mengundang untuk belanja. Beverly Hills yang tertata rapi dan terkenal sebagai hunian paling mewah menarik untuk diabadikan. Masih ada Hollywood Walk of Fame, TCL Mann’s Chinese Theatre, serta Dolby Theatre di kawasan Hollywood. Kecanggihan dunia perfilman Amerika Serikat (AS) tergambar di Universal Studios. Lokasi pembuatan film benar-benar dibikin semirip mungkin dengan dunia nyatata. Misalnya, perumahan Desperate Housewives dan mobil yang digunakan dalam syuting film Fast and Furious. Puas berkeliling dengna bus terbuka sembari disuguhi pertarungan Kingkong dengan Dinosaurus yang menegangkan dalam format tiga dimensi, masih ada beragam wahana yang bisa dinikmati. Salah satunya, Transformers: The Ride-3D yang menegangkan. Tidak rugi rasanya mengantre selama 1 jam 30 menit demi menikmati pertarungan Optimus dan Decepticons yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit.
Kemerihan Los Angels perlu digenapi dengna kemewahan khas Las Vegas, Nevada. Di setiap hotel glamor terdapat casino yang slalu ramai siang-malam. Fashion outlet yang menyediakan banyak ragam produk branded adalah tempat yang pas untuk memuaskan nafsu belanja.
Tidak lengkap ke Amerika Serikat melihat pemandangan alam yang menakjubkan di Grand Canyon, Arizzona. Setelah meenmpuh perjalanan menggunakan selama hampir lima jam dari Las Vegas, Nevada. Tampak gunung batu yang merupakan salah satu keajaiban dunia itu.
Suasana perkotaan dan pegunungan yang sejuk sudah dinikmati. Saatnya ke laut di kawasan Fisherman;s Wharf yang terletak di San Fransisco, California. Jangan lupa memilih dan memborong cokelat ala Ghirardelli sebagai oleh-oleh.

Melali dermaga (pier) 39 yang merupakan dermaga teramai, kami berkesempatan berlayar selama 45 menit. Di situ terdapat sekitar 100 ekor singa laut yang tengah berjemur. Saat melintasi penjara Alcatraz yang dingin, bulu kuduk terasa merinding. Pun saat melintas di bawah Golden Gate Bridge yang megah. Suasana itu menjadi kenangan manis tak terlupakan.