Minggu, 09 Maret 2014

Mengetahui tentang Kista Ateroma/ Knowing about Atheroma Cyst

Mengetahui tentang Kista Ateroma
(Sumber: Haroen, Marina.2013.”Benjolan yang Mengganjal”. Dalam Jawa Pos, tanggal 28 November 2013.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, www.ithinkeducation.blogspot.com)

Konsultasi: “Hallow Dok, saya bertanya, gejala wal tumor itu seperti apa ya? Soalnya, di organ tubuh saya, tepatnya (maaf) pantat, ada bejolan kecil seukuran biji jagung yang kadang sakit ketika saya pencet. Kadang juga mati rasa!” Jeck

dr Marina Hroen SpKK (Aesthetic and Laser Clinic RSAL dr Ramelan Surabaya): Hello juga Jeck.. ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi di daerah tersebut. misalnya, yang paling sering adalah kista ateroma. Yakni, berupa benjolan berbentuk bulat dan berdinding tipis. Kista ateroma berbentuk akibat sumbatan pada muara kelenjar minyak. Kelenjar minyak itu biasanya berfungsi sebagai pelumas untuk kulit dan rambut kita.

Cairan yang dihasikan kelenjar minyak disebut sebum. Dalam hal itu, terjadi penimbunan sebum dan sel mati yang berkumpul dalam kantong kelenjar. Lama-lama benjolan membesar dan terlihat sebagai massa tumor yang berbentuk lonjong sampai bulat. Konsistensinya lunak-kenyal, berbatas tegas, umumnya tidak nyeri, tetapi melekat pada lapisan kulit di atasnya. Daerah muara yang tersumbat merupakan tanda khas yang disebut puncta (titik kehitaman yang letaknya biasanya di permukaan kulit tepat di tengah massa/ tumor). Pada tumor, akan dilakukan pengangkatan dengan operasi kecil yang disebut ekstirpasi atheroma. Tujuannya mengangkat seluruh bagian kista hingga ke dindingnya secara utuh.