Selasa, 11 Maret 2014

Merawat Kulit yang Mulus/ Caring for Smooth Skin

Merawat Kulit yang Mulus
(Sumber/ source:Noname.2014.”Kulit Mulus, Cerah Berseri”. Dalam Jawa Pos, tanggal 8 Februari 2014.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, www.ithinkeducation.blogspot.com)

Kulit Anda kusam, kering, penuh fle hitam, dan warna kulit Anda belang-belang, bahkan ditumbuhi jerawat? Tahukah Anda bahwa suhu, iklim dan kelembapan udara juga berpengaruh terhadap pertumbuhan kulit di suatu negara?
            Indonesia memiliki iklim tropis di mana mendapat sinar matahari lebih banyak dibandingkan negara sub tropis, seperti Jepang, Korea dan Tiongkok, pertumbuhan sel melanin pun berbeda. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna kulit dan rambut serta memberikan perlindungan terhadap radiasi UV. Biasanya penduduk engara tropis memiliki pgimen melanin lebih banyak dan berwarna kecokelatan.
            Kini banyak kosmetik untuk memutihkan kulit dengan cepat dengan mengandung air keras yang bisa membahayakan kulit, bahkan bisa mengakibatkan kanker kulit. Sebenarnya mencerhakan kulit tidak sesulit yang Anda bayangkan. Cukup dengan perawatan dari luar dan dalam.

Perawatan dari luar menggunakan tabir surya sangat dianjurkan. Setidaknya 30 menit sebelum aktvitas Anda menggunakan tabir surya minimal SPF 15 (disesuaikan dengan aktivitas).  Sementara itu, untuk meremajakan kulit diperlukan aspupan aman dan bekerja secara alami untuk menghambat pelepasan zat melanin penyebab munculnya flek hitam serta sebagai tabir surya dari alam. Caranya, dengan mengonsumsi protein ikan ditambah buah-buahan, seperti anggur yang mengadung super anti oksidan dan jeruk dengan kandungan vitamin C ditambah brokoli.