Minggu, 09 Maret 2014

Misinya Republik Rakyat Cina (Tiongkok) ke Bulan, dengan Kelinci Giok/ The mission of the Republic of China (China) to the Moon, the Jade Rabbit

Misinya Republik Rakyat Cina (Tiongkok) ke Bulan, dengan Kelinci Giok
(Sumber: Noname.2013.”Kelinci Giok Mengangkasa”. Dalam Jawa Pos, tanggal 3 Desember 2013.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, www.ithinkeducation.blogspot.com)

            Beijing, Tiongkok akhirnya meluncurkan misi pertamanya ke bulan kemarin (2 Desember 2013). Roket tanpa awak Chang’e 3 sukses mengusung misi robot Jade Rabbit alias Kelinci Giok. Roket itu melesat ke luar angkasa dari landasan di wilayah barat daya Tiongkok. Jade Rabbit bakal tiba di satelit bumi pada pertengahan Desember.
            “Kam akan terus berusaha keras mewujudkan impian luar angkasa kami yang juga menjadi mimpi seluruh masyarakat Tiongkok,” kata Zhang Zhenzhing, direktur Xinchang Saellite Launcing Center. Dia mengatakanbahwa tujuan misi perdana Tiongkok ke bulan itu adalah mengamati geologi satelit bumi tersebut. nanti Jade Rabbit memotret berbagai sisi permukaan bulan dan mengirimkan citranya ke bumi.
            Jika Chang’e mendarat dengan mulus di permukaan bulan sesuai dengan rencana. Tiongkok akan menjadi negara ketiga yang sukses meluncurkan misi bulan. Sebelumnya Amerika Serikat (AS) dan Rusia sukses dengan misi bulan mereka. Dengan melakukan pendaratan mulus (tidak ada kerusakan pada pesawat atau piranti ekspedisi), sudah pasti Tiongkok akan bisa menjalankan misinya di bulan dengan lancar.
            Sebenarnya bukan baru kali ini Tiongkok mengirimkan misi ke bulan. Beberapa waktu lalu Negeri Panda itu telah melesatkan pesawat ulang-alik ke luar angkasa. Namun, pesawat yang mengusung misi ke bulan gagal mendarat dengan mulus. Akibatnya, pesawat tanpa awak tersebut mengalami kerusakan. Berbagai piranti canggih yang sediana bakal gunakan untuk mengeksplorasi bulan pun rusak.

            Menurut kantor berita Xinhua, Jade Rabbit juga kaan memasang teleskop di permukaan bulan untuk keperluan ekspedisi. Selain untuk mengamati permukaan dan struktur geologi bulan, teleskop itu bakal berguna untuk mengobservasi lapisan plasma bumi. Termasuk plasma dingin yang menyelimuti seluruh permukaan bumi.