Minggu, 09 Maret 2014

Petualangan Kuliner dan cegah Diabetes, di dalam artikel Kesehatan/ Culinary adventures and prevent diabetes, in an article in Health

Petualangan Kuliner dan cegah Diabetes, di dalam artikel Kesehatan
(Sumber: Noname.2013.”Proteksi Diri dari Diabetes Sejak Dini”. Dalam Jawa Pos, tanggal 3 Desember 2013.)
            Indonesia terkenal sebagai surga kuliner. Aneka makanan khas mulai dari sate ayam, kambing gulinng, nasi padang, sop konro, hingga cemilan lezat pisang goreng atau kerupuk udang mudah ditemui di setiap sudut kota. Jika Anda tidak berhat-hati dan berlebbihan mengkonsumsinya, ragam penyakit bisa menyerang tubuh. Apalagi sudah ada data yang menunjukkan bahwa Indonesia memiliki penderita Diabetes tertinggi di Asia Tenggara.
            Menurut International Diabetes Federation, Indonesia memiliki 7,6 juta penduduk yang hidup dengan diabetes. Hal itu menjadikan Indonesia dari sepuluh negegara teratas di dunia dengna diabetes yang berusia antara 20 sampai 79 tahun. Dari 7,6 juta penderita di Indonesia, kurang dari setengah tidak menyadari kondisi kesehatan mereka.
            Diabetes adalah penyakit tidak menular yang bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Sebab penyakit itu dapat menimbulkan komplikasi penyakit seperti kebutaan, gagal ginjal, stroke, hingga jantung.
            Di Indonesia, ada beberapa hambatan utama dalam menangani diabetes. Yakni rendahnya pengetahuan pencegahan dan pengobatan diabetes, serta terbatasnya jumlah pasien mendapat pengobatan diabetes.
            Sebenarnya mudah untuk melakukan pencegahan dini agar tak menderita penyakit tersebut. yakni dengan menjaga penyakit tersebut.  yakni dengan menjaga berat badan, olahraga teratur dan makanan makanan yang sehat. Asosiasi Diabetes Indonesia menyarankan bahwa masyarakat yang berpeluang besar mengidap penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik tersebbut haruus mengetahui gejala dini diabetes agar bisa terdeteksi secara dini.
            Bagi orang Indonesia yang suka melakukan petualangan kuliner, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap bugar. Ada tips singkat untuk mnjalankan diet yang sehat dan seimbang.
            Pertama adalah meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Sebaiknya setengah dari piring Anda diisi dengan sayur dan buah, serta pastikan makanan Anda dimasak dengan minyak sayur. Anda juga sebaiknya membatasi minuman yang mengandung gula. Minuman bergula menyebabkan bertambahnya berat badan dan meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung. Saat Anda memesan teh, ingatlah untuk memesan teh yang tidak terlalu manis atau teh tawar.
            Cara selanjutnya adalah berolahraga secara teratur. Sempatkanlah berolahraga di sela-sela kesibukan Anda yang padat. Dengan berolahraga Anda membakar kalori dan membaut berat badan Anda terkendali. Setidaknya perbanyak berjalan kaki atau sepeda.
            Anda juga harus memilih sumber makanan berprotein sehat seperti ikan dan kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Kurangilah mengkonsumsi daging mereah atau setidaknya dibatasi hanya dua kali seminggu atau kurang dari itu. Daging olahan seperti hotdog atau burger harus ditinggalkan. Tempe adalah pilihan terbaik.

            Usahakan mengkonsumsi gandung utuh. Menurut Harvard School of Public Health, pastikan jenis gandumg apapun yang Anda makan adalah jenis gandum utuh sehinggga tidak akan memberikan pengaruh buruk pada tingkat insulin atau gula darah. Mengkonsumsi gandung utuh seperti beras merah dan roti tepung gandung utuh untuk menganti biji-bijian atau gandum olahan seperti beras putih dan roti putih merupakan cara mengurangi kemungkinan terkena diabetes atau penyakit jantung.