Rabu, 09 April 2014

Bepergian saat Hamil/ Traveling while Pregnant

Bepergiaan saat Hamil
(Sumber/ Source: Prenagen Buku Hamil.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, silahkan mengikuti di dalam blog/ please follow in the blog: www.ithinkeducation.blogspot.com.2014)
Kondisi badan wanita sangat rentan dan lebih mudah lelah. Sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter sebelum bepergian, terutama jika Anda mengidap tekanan darah tinggi, kencing manis, atau penyakit lainnya. Pada kehamilan tiga bulan pertama badan masih menyesuaikan diri dengan perubahan fisik dan emosi akibat kehamilan sehingga bepergian tidak dianjurkan. Begitu juga saat kehamilan sudah lanjut (6-9 bulan) Anda sebaiknya tidak lagi bepergian jauh mengingat bayi dapat lahir sewaktu-waktu.
A)    Perencanaan, karena kondisi badan wanita hamil sangat rentan dan mudah letih, perencanaan yang matang sangat penting.
1)      Batasi kegiatan agar tidak mudah lelah
2)      Jangan bepergian ke banyak temapt sekaligus, pergilah ke satu tempat saja.
3)      Hindari terkena sinar matahari secara langsung dan perbanyak minum air putih
4)      Hindari bepergian dengan tur karena jadwal yang padat dan terburu-buru
5)      Rencanakan jadwal bepergian sekaligus dengan waktu istirahat.
Selingi kegiatan yang melelahkan dengan bersantai, misalnya membaca, menonton, tidur siang.
Siapkan perbekalan, bawa persediaan vitamin, suplemen kehamilan, makanan kecil dan susu.
Usahakan selalu menyantap makanan bersih dan hindari makanan yang belum matang seperti buah yang belum dikupas atau sayuran mentah, serta susu yang belum dipasteurasikan.
Gunakan juga sepatu dan pakaian yang nyaman. Bawalah kebutuhan yang biasa membuat Anda nyaman, seperti tissue basah, tabir sayur dan sebagainya.

B)    Bepergian dengan Mobil
Bawalah  bekal makanan bergizi, susu dan jus buah, karena pada saat kehamilan Anda sering merasa lapar tiba-tiba. Untuk perjalanan jauh, bawalah bantal untuk menyokong punggun dan leher Anda. Jika mungkin berikan ruang untuk kaki Anda bergerak bebas.

C)    Bepergian dengan pesawat

Konsultasi dengan dokter sebelum Anda bepergian dengan pesawat. Untuk kehamilan trimester pertama dan ketiga hindari bepergian dengan menggunakan pesawat karena pada trimester pertama, kandungan masih tergolong lemah dan pada trimester ketiga persalinan dapat terjadi sewaktu-waktu. Jika terpaksa harus bepergian dengan menggunakan pesawat, beberapa hal yang dapat dipersiapkan adalah mintalah kursi di pinggir gang sehingga memudahkan Anda berjalan-jalan atau pergi ke toilet. Pakailah sabuk pengaman dengan nyaman di bawah perut. Jangan lupa minum susu, jus, air putih untuk menghindari kekurangan cairan.