Rabu, 30 April 2014

Glosarium Farmakologi Bagian I/ Glossary of Pharmacology Part I


Glossarium Farmakologi Bagian I
(Sumber/ source: Anonim.Buku Ajar Penggunaan Obat dalam Keperawatan Prodi S1 Keperawatan.Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Artha Bodhi Iswara.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta.2014. please follow blog/ silahkan ikuti blog: www.ithinkeducation.blogspot.com or www.ithinkeducation.wordpress.com)
1)      Pharmacology/ Farmakologi (pharmacon: obat; logos: learning/ ilmu): ilmu tentang aksi obat, ilmu khasiat obat (Davison)
2)      Pharmacotherapeutics/ Farmakoterapeutik: ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk penyakit. Theraupetik, termasuk bahan obat dan pengukuran, yang meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan serta kesembuhan pasien (psychotherapy, physiotherapy, dietotherapy, dan occupational medica.). materi medica: bahan obat; asal: sumber, sediaan aksi dan penggunaan
3)      Pharmacognosy/ pharmacon, gnotics: seeking to know: berhubungan dengan asal obat (dari tumbuhan, hewan, alam semesta), tentang struktur anatomi, komposisi kimia dari obat bahan obat kasar.
4)      Farmasi: adalah pelajaran yang mengenai penyiapan dan bentuk sediaan obat untuk maksud pengobatan.
5)      Pharmacokinetics/ Farmakokinetik: adalah pelajaran tentang nasib obat dalam tubuh, mulai dari saat pemberian, absorbsi dari usus, transpor dalam darah dan distribusinya ke tempat kerja, metabolisme dan eliminasi.
6)      Pharmacodynamics/ Farmakodinamik: mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup, tentang mekanisme kerja obat, reaksi fisiologi serta efek teraupetik yang ditimbulkan.
7)      Toxicology/ Toksikologi: pengetahuan tentang racun