Rabu, 09 April 2014

Membuat Jembatan Keledai/ Making Donkey Bridge

Membuat Jembatan Keledai
(Sumber/ Source: Noname.2014.Keledai Pintar Buat Jembatan. Dalam Jawa Pos, tanggal 17 Februari 2014.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta.2014. please follow blog/ silahkan ikuti blog: www.ithinkeducation.blogspot.com)

            Halina kawin, Robi cs frustasi. Waduh, kasihan banget si Robi sama temannya ya, frustasi gitu gara-gara si Halina kawin. Emang Halina itu siapa sih? Segitu cantiknya sampai bikin cowok kayak si Robi cs frustasi? Weitz! Janga salah paham dulu, Bro and Sis. Emang sih, mungkin ada cewek supercantik yang namanya Halina, tapi bukan yang bikin Robi cs frustasi. Kalimat itu sebenarnya Cuma singkatan alias jembatan keledai yang biasa digunakan anak sekolah buat hafalin urutan tabel priodik. Buktinya, 69,3 persen responDet mengaku pernah memakai jembatan keledai buat bantuin mereka belajar.
            Salah seorang responDet yang mengakui kegunaan jembatan keledai adalah Nanda Azkia dari SMAN 15 Surabay. Sama dengan 30,2 persen responDet lain, cewek yang dulu di kelas IX itu merasa yang pakai jembatan keledai, dirinya terbantu banget dalam pelajaran kimia. Menurut dia, jumlah unsur yang terkandung dalam tabel periodik terlalu banyak dan rumit untuk dihafal biasa. “Aku ngerasa terbantu pas tahu bahwa unsur itu bisa dihafalin pakai jembatan keledai. Soalnya, di tabel periodik itu kan ada barisnya. Nah, guruku ngajarin buat hafalin per baris gitu pakai jembatan keledai,” ujar ewek yang sebenarnya lebih menyenangi pelajaran IPS tersebut.
            Berbeda dengan Nanda yang menggunakan jembatan keledai dalam pelajaran kimia, Annisa dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya lebih sering menggunakan dalam pelajaran fisika. Menurut dia, dalam fisika banyak besaran dan persamaan yang rumit sehingga butuh dihafal dengan cara berbeda dari cara biasa. “Di fisika itu kan banyak banget besaran dan rumus yang diakili pakai simbol gitu. Nah, banyak simbol yang belum kita tahu dan bikin aku harus buka buku dulu. Untung, guruku ngajarin metode jembatan keledai itu buat hafalin besaran yang ada di fisika,” ujarnya tentang pengalamannya menggunakan jembatan keledai.
            Hal senada diungkapkan Ovin Nur Faizah. Menurut cewek yang duduk di kelas VII SMPN 19 Surabaya itu, gurunya sering mengajarkan pelajaran dengan menggunakan jembatan keledai. “Yang Paling aku ingat itu jembatan keledai buat hafalin urutan satuan panjang. Satuan panjang yang meter-meter itu dibikin jadi ‘Kiai Haji Dahlan mancing dengan cacing mati’ (kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, centimeter, milimeter, Red) sama guruku,” ucap Ovin. Ovin juga bakal melihat kira-kira pelajaran apa yang butuh dibuat jembatan keledai. Hmm, iya juga sih guys, salah-salah nanti malah jadi ngawur. Terus, bukannya pingat pelajaran, eh malah lupa semua #ealaah #salahmaneh.

A) Use it Everywhere!
Pasti kamu sering pakai jembatan keledai buat hafalin pelajarankan? Yang lebih kreatif dikit dong, Sob. Sebenarnya trik yang satu ini bisa kamu pakai buat apa aja kok, nggak melulu buat pelajaran doang. Your life will be more simpe. Cekidot!
1) Don’t Get Lost.
Voklat-Witos-Dijau-Qorange adalah jembatan keledai yang Det paaki hafalin warna bemo. Soalnya, bagi Det, hafalin warna bemo itu penting biar nggak kesasar gitu. Waktu jalan-jalan kan diperhatiin warnanya, bukan hurufnya. Siapa tahu suatu hari nanti Det butuh nak bemo. Ngerti nggak? Kalau nggak ngerti, kamu belu bisa dibilang anak smart kayak Det ‘eh.
2) Think Fast.
Cari daftar menu di kantin yang penuh sesak sama anak yang superlaper emang bikin sengsara sob, belum lagi ntar dilayani lama. Makanya, hafalin dulu deh harga makanan yang kamu suka biar nggak ribet nyari daftar menu dan nggak perlu nanya penjualnya. Nih, Det kasih saran. Pesan aja nama risa garis teh duri yang berarti nasi lima ribu, sayur tiga ribu, dan es teh dua ribu. Kamu kan bisa nyiapin duit sebelum ke kantin biar nggak repot nunggu kembalian. Siip?
3) Favorite Place
Pengin pergi ke toko favorit, tapi nggak ingat jalannya? Emang repot sih kalau punya toko favorit di mal yang cukup besar dan nggak inget jalan ke sana. Nah, di sini nih jembatan keledai bisa andalin. Kamu cukup susun titik lokasi penandanya jadi sebuah kalimat yang aneh, tapi gampang diingat kayak turungga lama berak kecepit pintu artinya, turun tangga 5 sebelum gerak ke center pit untuk pintu utama. Easy, right?

B) Pemungutan Suara

1) Pernahkahh kamu menggunakan trik jembatan keledai?
a) Nggak: 69,33%
b) Pernah: 30,7%

2) Paling sering kamu mendapat jembatan keledai tersebut dari mana?
a) Dari guru les: 40,1%
b) Dari guru sekolah: 39%
c) Baca buku paket: 8,2%

3) Paling sering pada mata pelajaran apa kamu menggunakan trik tersebut?
a) Kimia: 30,2%
b)Fisika: 24,7%
c) Biologi: 21,%

Profil responDet
1) Jenis kelamin
a) Cowok:50%
b)Cewek:50%
2) Pendidikan
a) SMP:50%
b)SMA:50%
3) ResponDet. Total resonDet 564 terdiri atas pelajar SMP dan SMA di Surabaya

4) Metode polling: Cluster random sampling, closed question. Toleransi kesalahan: 4,5% instrumen polling: open closed question.