Rabu, 09 April 2014

Mengelola Pasir dari Erupsi (Letusan) Gunung Kelud, Jawa Timur/ Managing Sand of eruption (eruption) Kelud, East Java

Mengelola Pasir dari Erupsi (Letusan) Gunung Kelud, Jawa Timur
(Sumber/ Source: Santoso, Kurniawan Adi.2014.Mengelola Berkah Pasir Letusan Gunung Kelud. Dalam Jawa Pos, tanggal 17 Februari 2014.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta.2014. please follow blog/ silahkan ikuti blog: www.ithinkeducation.blogspot.com)
Dampak erupsi Gunung Kelud menyebabkan hujan pasir vulkanis. Meski pasir itu berbahaya bagi pernapasan, mata dan kulit, di balik itu mengandung berkah bagi masyarakat. Pasir yang terkandung dalam material vulkanis yang dimuntahkan gunung berapi adalah apsir kualitas yang terbaik yang biasa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Misalnya untuk bahan bangunan.
Kandungan silika yang tinggi membuat kualitasnya menjadi sangat baik. Ujung silika yang runcing yang membentuk partikel yang memiliki sudut. Pola partikel bersudut itulah yang membuat ikatan pasir gunung api dengan semen menjadi lebih kuat. Selain silika, pasir gunung api memiliki kandungan besi sehingga baik untuk campuran bahan bangunan.
Pasir gunung api bisa juga untuk penjernih air. Pola silika yang berujung runcing membuat kemampuan pasir menyerap partikel yang tidak diingkan oleh air jauh lebih baik daripada pasir biasa.

Adapun debu gunung berapi sangat baik dipakai untuk mengembalikan kesuburan tanah. Karena itu, alangkah baknya pasir tersebut dikelola agar tidak mubazir. Namun, perlu diingat, pasir itu berbahaya jadi sealu pakai masker.