Rabu, 09 April 2014

Tips Mengatasi Keluhan Selama Kehamilan/ Tips to Overcome Complaints During Pregnancy

Tips Mengatasi Keluhan Selama Kehamilan

(Sumber/ Source: Prenagen Buku Hamil.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta, silahkan mengikuti di dalam blog/ please follow in the blog: www.ithinkeducation.blogspot.com.2014)
     I).            Keluhan: Gusi Berdarah (Pada Trimester:1,2,3) adalah gusi menjadi lebih lunak dan mudah luka dalam kehamilan, biasanya gusi akan meradang, dan plak gigi akan terkumpul di dasar gigi, akibatnya bisa terjadi penyakit dan kerusakan gigi. Gejala: gusi berdarah, biasanya setelah menggosok gigi. Penanganan: 1) hati-hati saat menggosok gigi, jangan menggosok terlalu keras dan hindari menggesek gusi, 2) jika keluhan parah, berobatlah ke dokter gigi.
  II).            Sulit buang air besar/ konstipasi (pada trimester 1,2,3) adalah hormone kehamilan progesterone membuat otot usus lebih rileksdan memperlambat pergerakan usus. Gejala: kotoran lebih keras/ kering, frekuensi buang air besar berkurang. Penanganan: konsumsi makanan serat tinggi dan minum banyak air, jangan menahan keinginan buang air besar, olahraga teratur, hindari penggunaan obat pencahar jika perlu suplemen herbal seperti the cahamomile dapat membantu, jika keluhan lebih lanjut hubungi dokter.
III).            Varises (trimester 1,2,3) adalah disebabkan factor keturuna natau sikap tubuh (duduk, berdiri, menyilangkan kaki) terlalu lama. Gejala: pembuluh darah di kaki atau paha terlihat bengkak dan terasa sakit. Penanganan: 1) istirahat dengan akki diletakkan di tempat yang lebih tinggi; 2) gunakan stocking khasus; 3) lakukan oplahraga ringan.
IV).            Susah tidur (Trimester1,2,3) adalah disebabkan gerakanm janin yang menendang atau keinginan buang air kecil terus menerus. Gejala: sulit tidur, terbangun ketika tidur, kadang disertai mimpi buruk tentang persalinan. Penanganan: 1) membaca, olahraga ringan, membaca sebelum tidur; 2) gunakan banyak bantal untuk mengganjal bagian tubuh yang pegal; 3) coba gunakan aromaterapi untuk membuat tidur pulas.
  V).            Keputihan (trimester 1,2,3) adalah disebabkan karena perubahan hormonal, jika tidak disertai bau atau warna kuning kehijauan masih tergolong normal. Gejala: keputihan berwarna bening dan tidak berbau. Penanganan: 1) hindari penggunaan sabun pembersih vagina; 2) hindari menggunakan pakaian dalam ketat dan berbahan nilon.
VI).            Mual di pagi hari (trimester 1) mual ini merupakan tanda wal kehamilan, selain dipagi hari mual juga terjadi di siang atau sore hari, rasa lelah membuat mual menjadi-jadi, mual biasanya menghilang biasanya menghilang saat janin berusia 12 minggu. Gejala: rasa mual, sering muncul saat mencium bau makanan atau asap rokok. Penanganan: 1) makan beberapa biscuit kering, roti atau buah sebelum beranjak dari tidur di pagi hari; 2) hindari bau-bauan yang membuat mual; 3) makan dalam porsi kecil namun sering; 4) hindari makanan berlemak, berbumbu, bersoda dan kopi.
VII).            Kelelahan (trimester 1 dan 3) adalah disebabkan karena kebutuhan energy yang berlebih atau stress emosional. Gejala: cepat lelah dan sering merasa mengantuk di siang hari. Penanganan: perbanyak istirahat, olahraga ringan yang teratur, tidur lebih awal.
VIII).            Stretch marks/ guratan kulit (trimester 2,3) adalah dikarenakan kulit yang meregangkan lebih dari elastisitas normal. Gejala: guratan merah pada kulit paha, perut atau payudara. Penanganan: gunakan pelembab kulit sebelum muncul guratan.
IX).            Keringat berlebih (trimester 2 dan 3) adalah dikarenakan perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke kulit yang lazim terjadi pada kehamilan. Gejala: cepat berkeringat, sering terbangun tengah malam karena berkeringat. Penanganan: banyak minum air putih, kenakan pakaian yang berbahan katun dan longgar.
  X).            Ambeien (trimester 2 dan 3) adalah tekanan dari kepala bayi menyebabkan timbulnya pembengkakan pembuluh darah balik di sekitar anus. Gejala: rasa gatal, sakit dan keluar darah saat buang air besar. Penanganan: 1) jangan menunda buang air besar dan jangan mengejan; 2) konsumsi buah, sayur dan minum air; 3) jangan berdiri dalam waktu lama; 4) ambeien ringan akan hilang dengan sendirinya setelah bayi lahir; 5) jika keluhan parah, berobatlah ke dokter.
XI).            Bercak coklat di kulit selama kehamilan.

Gejala: bercak-bercak coklat di kulit wajah atau perut. Penanganan: hindari sinar matahari langsung ke kulit dan gunakan tabir surya.