Kamis, 31 Juli 2014

Menjadi Pelajar yang Berkualitas/ Qualified students be incorrect


Menjadi Pelajar yang Berkualitas
(Sumber/ Source: Damayanti, Cahya.2014.Menjadi Pelajar yang Berkualitas.Klaten:Kreatif.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta.2014. please follow blog/ silahkan ikuti blog: www.ithinkeducation.blogspot.com or www.ithinkeducation.wordpress.com)
Pelajar yang berkualitas adalah pelajar yang komprehensif dalam berpikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berperilaku terpuji, dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan di berbagai bidang dan sector pembangunan. Siapa yang tidak ingin menjadi pelajar yang berkualitas? Pastinya semua ingin menjadi pelajar yang berkualitas. Lalu, bagaimana caranya agar dapat menjadi pelajar yang berkualitas? Berikut beberapa tips untuk menjadi pelajar yang berkualitas.

1.      Tingkatkan Target Belajar
a.       Bandingkan hasil belajar Anda hari ini dengan hari kemarin. Hari ini harus lebih baik dari kemarin.
b.      Selesaikan tugas pelajaran dengan cepat dan tepat. Jika kemarin Anda berhasil menyelesaikan tugas pelajar Anda selama 60 menit, cobalah selesaikan selama 50 menit.
c.       Tingkatkan nilai dan prestasi Anda di sekolah. Berusahalah mempertahankan menaikkan nilai rapor Anda secara maksimal.

2.      Carilah Ilmu dan Informasi Sebanyak Mungkin
Ingatlah pepatah, kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina. Mencari ilmu bisa dilakukan di mana saja. Begitu pula dengan mencari informasi. Carilah ilmu dan informasi sebanyak mungkin. Buka mata dan telinga Anda lebar-lebar terhadap segara jenis informasi, terutama informasi yang berkaitan dengan ilmu yang Anda pelajari di sekolah, ilmu dan informasi, dan lainnya. Belajarlah untuk menyerap ilmu dan informasi dengan tuntas agar tidak ketinggalan informasi terkini.

3.      Kembangkan Ide
Jadilah seorang pelajar yang kreatif yang selalu penuh ide. Memang tidak setiap saat Anda bisa menemukan ide. Tetapi saat Anda menemukannya, jangan sia-siakan. Segala sesuatu yang besar adalah hasil dari sebuah ide yang kecil. Kembangkan ide Anda secara maksimal. Bagaimana cara mengembangkan ide yang kecil tersebut agar menjadi sesuatu yang besar? Berpikirlah selalu untuk dapat menambah nilai plus Anda.

4.      Tingkatkan penampilan diri.
Gaya bicara, cara berbusana, dan kesopanan mencerminkan kualitas Anda. Maka perbaikilah penampilan Anda secara keseluruhan. Seseorang yang dengan kualitas yang baik biasanya juga tahu cara berpenampilan yang baik. Sebagai seorang pelajar selalu kenakanlah seragam dan kelengkapan dengan rapi dan bersih. Jaga kesopanan saat Anda berhadapan dengan seseorang.

5.      Jadilah pribadi yang menyenangkan.
Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang menyenangkan.
a.       Selalu berpikir positif tentang orang lain. Pikirkan positif yang akan membantu untuk mencapai kualitas Anda.
b.      Berikan senyuman dan sapaan kepada orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa senyuman dapat mengangkat suasana hati Anda. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik, begitupun dengan orang-orang di sekitar Anda.
c.       Menjadi pendengar yang baik. Fokuslah yang menjadi seorang pendengar yang penuh perhatian dan responsive. Dengan menjadi pendengar yang baik akan memungkinkan Anda mengetahui banyak hal yang menarik dan menyenangkan darinya. Dia pun akan menyadari bahwa sebenarnya Anda adalah pribadi yang menyenangkan.