Jumat, 05 September 2014

Penularan Virus Hepatitis B/ Transmission of Hepatitis B Virus



Penularan Virus Hepatitis B
(Sumber/ source: Anonim.2014.Penularan Virus Hepatitis B. Ponorogo: Koran Jawa Pos edisi Jumat 22 Agusus 2014.)
(Rewritten by/ Diketik kembali oleh: Dimas Erda Widyamarta.2014. please follow blog/ silahkan ikuti blog: www.ithinkeducation.blogspot.com or www.ithinkeducation.wordpress.com)
Pertanyaan (Mariyati-Pulung, Ponorogo)
Asalamualaikum w.w.
Dok, saya wanita berusia 25 tahun. Saya punya pengalaman gagal jadi TIKI karena divonis menderita hepatitis B. padahal saya tidak punya keluhan apa-apa. Yang saya tanyakan, apa bisa seperti itu ya Dok? Terus sebenarnya bagaimana cara penularan virus Hepatitis itu Dok? Terima kasih.
Jawaban (dr. Danang Kusuma Adi, Sp,D, (spesialis penyakit dalam) RSU Aisyah Ponorogo
Wa’alaikum salam w.w.
Terima kasih atas pertanyaan saudari Mariyati. Begini, infeksi virus Hepatitis B memang banyak ditemukan di Indonesia. Infeksi virus hepatitis ini bisa ditemukan di Idonesia. Infeksi virus hepatitis ini bisa menyebabkan berbagai gejala. Mulai dari yang ringan atau bahkan tanpa gejala. Mulai dari ringan atau bahkan tanpa gejala, sampai dengan gejala yang berat. Gejala hepatitis berat ditandai dengan badan yang lemas, mual dan kadang badan panas serta urine berwarna seperti the. Pada pemeriksaan didapatkan mata berwarna kuning. Pada pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar peningkatan kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvic Transaminase), selain itu dapat ditemukan Hbs Ag positif.
Virus hepatitis B terdapat dalam darah, air mani dan cairan vagina. Sehingga transmisi penularan virus hepatitis B dapat melalui transmisi vertical (bayi yang dilahirkan ibu hepatitis) dan transmisi horizontal melalui kontak darah (jarum suntik, transfuse darah), cairan tubuh (air mani dan cairan vagina melalui hubungan seksual). Dan tidak terjadi penularan virus hepatitis B melalui sentuhan badan, keringat, alat rumah tangga ataupun pakaian. Untuk lebih jelasnya mengenai kasus ibu, silahkan datang dan konsultasi di Klinik Dalam RSU Aisyah Ponorogo.